Apa saja tempat di indonesia yang memiliki panorama kabut?

Naik ke gunung, tidak lengkap rasanya, jika tidak melihat pemandangan dengan disertai oleh kabut, putih bersih yang seakan-akan membuat kita sedang berada di negeri di atas awan. Apa saja tempat di indonesia yang memiliki panorama kabut?

Berikut beberapa tempat di indonesia yang memiliki panorama kabut:

  1. Gunung Ireng, Yogyakarta
    Kamu harus tahu kalau sebenarnya Jogja punya banyak tempat keren lho buat penyembuh luka dan penatmu! Contohnya Gunung Ireng, yang berada di Dusun Srumbung, Kelurahan Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Meskipun tidak populer seperti tempat-tempat wisata lainya, Gunung Ireng kenyataanya akan mampu membiusmu dengan pesona serta pemandangan kabutnya yang bagaikan surga tersembunyi. Tentu saja, waktu terbaik berada di sini adalah saat pagi hari.

  2. Gunung Arjuna, Malang
    Mirip seperti Gunung Bromo, Gunung Arjuna juga memiliki berbagai macam mitos yang melekat padanya. Tapi, jika kalian mengurungkan niat ke gunung ini hanya karena mitos tersebut, maka kalian akan rugi besar, pasalnya gunung yang terletak diperbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan ini memiliki paket wisata yang cukup lengkap, yakni seperti adanya situs peninggalan kerajaan majapahit, air terjun dan tidak ketinggalan indahnya hamparan kabut yang akan menyapamu pada pagi hari.

  3. Bukit Bulu, Batu
    Spot wisata yang belum genap satu tahun berdiri ini menyuguhkan pesona alam yang begitu mempesona. Pada waktu-waktu tertentu, kalian bisa menyaksikan kabut tipis yang berjalan pelan-pelan menyelimuti indahnya deretan pepohonan pinus. Suhu di bukit ini pun terbilang stabil, karena meski kalian menikmati indahya hamparan kabut hingga siang hari, kalian tidak akan merasakan kepanasan. Bukit Bulu ini sendiri terletak di kawasan Coban Rais, tepatnya di Ds. Oro-oro, Kota Batu, Malang Raya, Jawa Timur, dengan jarak tempah sekitar 6,4 KM dari pusat Kota Batu.

  4. Gunung Telemoyo, Magelang
    Berada di antara Gunung Merbabu, Ungaran, dan Andong, Gunung Telemoyo memiliki ketinggian mencapai 1894 mdpl. Gunung ini menawarkan pemandangan yang sangat menawan lho, karena dari puncaknya kita bisa melihat deretan gunung tinggi lainnya seperti Lawu, Sumbing, Sindoro dan Prau. Selain itu, nantinya kita juga akan melihat luasnya hamparan lautan kabut, yang berada di atas danau Rawa Pening. Lokasinya sendiri berada di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Semarang. Dengan jalan yang sudah teraspal, kita dapat menuju puncaknya hanya dengan memakan waktu 30 menit.

  5. Gunung Batur, Kintamani
    Gunung Batur yang terletak di daerah dataran tinggi Kintamani ini merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung dan tergolong memiliki trek pendakian yang cukup mudah untuk para pemula. Meskipun begitu, bukan berarti pesona keindahan Gunung Batur kalah dari gunung lainya. Gunung ini tetap menawan, bahkan kamu bisa melihat kabut serta sunrise yang konon kabarnya menjadi yang paling indah di Pulau Dewata dari sini.

Sumber: