Apa saja teknik yang bisa dilakukan untuk membuat roadmap produk yang baik?

Product Roadmap adalah ringkasan visual tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah perkembangana produk Anda dari waktu ke waktu. Peta jalan produk berfungsi untuk mengkomunikasikan mengapa dan apa di balik perencanaan perkembangan produk.
lalu apa saja teknik yang bisa dilakukan untuk membuat roadmap produk yang baik?

Berikut beberapa teknik atau cara dalam membuat product roadmap yang baik berdasarkan pengalaman beberapa CEO product manager dan artikel lain:

1.) Dapatkan konsensus tentang sasaran produk - ini dapat berupa sasaran yang didorong metrik (mis. “Meningkatkan konversi sebesar x%”) atau lebih umum (mis. “Seluler pertama”). Setelah mendapatkan konsensus dari tim produk dan pemangku kepentingan lainnya mengenai tujuan, pekerjaan akan menjadi lebih mudah, karena keputusan produk dan fitur dapat dikaitkan kembali dengan tujuan.

2.) Berfokus pada tema daripada berfokus pada fitur. Dengan mengelompokkan berbagai inisiatif / fitur bersama-sama ke dalam tema, Anda dapat mengatur peta jalan Anda dengan cara yang menggambarkan nilai bagi pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Tema dapat membantu anda menyusun peta jalan yang menciptakan cerita - alasan di balik apa yang Anda usulkan. Tema membantu menjaga peta jalan Anda pada tingkat yang tinggi, terutama untuk inisiatif jangka panjang dan tidak jelas.

3.) Gunakan level tinggi dan jangan membuat backlog. Terlalu banyak roadmap produk berbasis fitur. Sebaliknya, gunakan tema dan representasi visual tingkat tinggi untuk menyampaikan ke mana Anda akan pergi dengan produk Anda. Roadmap adalah untuk mengkomunikasikan rencana Anda dan mendapatkan konsensus - Roadmap adalah hal yang perlu dipahami, dan representasi visual lebih baik daripada spreadsheet. Berikut adalah screenshot dari ProductPlan sebagai contoh:
image

4.) Gunakan kerangka prioritas atau penilaian untuk memandu percakapan. Tentu saja, Anda tidak bisa meracik keputusan produk menjadi skor. Tetapi Anda dapat menggunakannya sebagai alat untuk memberikan transparansi kepada semua orang tentang bagaimana Anda mengevaluasi peluang, dan kemudian memberi mereka wawasan tentang keputusan Anda.
image

Roadmap dapat dibuat dengan cara yang berbeda dan untuk menampilkan informasi yang berbeda termasuk: