Apa Saja Teknik Seni Rupa Dua Dimensi?

Menurut tekniknya, seni rupa dua dimensi ternyata dibedakan menjadi beberapa macam, apa sajakah tekniknya?

  • Teknik plakat. Teknik plakat adalah cara membuat tampilan sebuah warna agar terlihat mencolok , tegas dan tebal dengan menggunakan media cat air, cat minyak dan lain lain
  • Teknik Kolase. Teknik kolase adalah melekatkan potongan potongan kertas atau koran yang dibentuk sesuai keinginan agar menjadi sebuah lukisan abtrak yang unik dan indah.
  • Teknik Transparan atau bening. Teknik transparan adalah menggunakan cat air, cat minyak atau cat posrter dengan tingkat kelembutan yang tinggi sehingga menghasilkan sentuhan warna yang lembut dan natural.
  • Teknik Mengukir. Banyak orang yang menilai bahwa memahat dan mengukir adalah kegiatan yang sama, sebenarnya berbeda. Mengukir adalah cara merubah, mengikis, membentuk alur kecil kecil yang bergelombang dan lain lain dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi agar terlihat seperti sebuah alur motif batik yang tersemat pada benda yang menjadi objek ukiran. Ukiran dapat dilakukan pada tulang, kayu, gading dan lain lain, sedangkan memahat cenderung bertujuan untuk pembuatan karya seni tiga dimensi yang berukuran besar dan dapat dilihat dari berbagai arah.
  • Teknik menulis kaligrafi. Menulis kaligrafi adalah menulis indah dengan cara menulis yang diekspresikan lewat lengkungan, penebalan, penipisan, dan semburan bayangan pada penerapan tulisannya.