Apa saja teknik pengumpulan dari kebutuhan user?

user requirement
Tujuan dari fase analisis adalah memahami dengan sebenar-benarnya kebutuhan dari sistem baru dengan mengembangkan sebuah sistem yang mewadahi kebutuhan tersebut, baik untuk kebutuhan sistem maupun dilihat dari segi pengguna.

Teknik Pengumpulan Kebutuhan :
Wawancara
Wawancara adalah teknik pengumpulan kebutuhan yang paling umum digunakan. Langkah-langkah dasar dalam teknik wawancara adalah :

  • Memilih target wawancara
  • Mendesain pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara
  • Persiapan Wawancara
  • Melakukan Wawancara
  • Menindak

Join Application Development
Proses kelompok terstruktur yang terfokus untuk menentukan kebutuhan melibatkan tim proyek, pengguna dan manajemen kerja bersama-sama. Pelaku-pelaku dari JAD adalah sebagai berikut :

  • Fasilitator menjembatani komunikasi antara pengguna sistem dan pembuat sistem selama proses diskusi berlangsung. Fasilitator juga bertugas menyiapkan agenda dan memandu proses kelompok dalam menentukan kebutuhan sistem.
  • Scribe adalah peserta JAD yang bertugas mencatat isi dari sesi JAD. Tugas ini harus dilakukan dengan sangat teliti karena hasil catatan inilah yang merupakan bahan mentah untuk kebutuhan sistem yang akan dirumuskan.
  • Pengguna dan Manajer dari perusahaan yang akan dibuat sistemnya.

Kuisioner
Kuisioner adalah sekumpulan pertanyaan tertulis dan biasanya melibatkan banyak orang. Kuisioner bisa dilakukan secara tertulis (paper based) atau secara elektronik

Analisis Dokumen
Teknik ini dilakukan dengan mempelajari material yang menggambarkan sistem yang sedang berjalan. Biasanya dokumen yang sedang diamati berupa form, laporan manual kebijakan, grafik organisasi. Teknik ini dilakukan hanya untuk perusahaan atau organisasi berskala kecil dan belum memiliki sistem yang terkomputerisasi.

Observasi
Hal ini penting karena kadang-kadang pengguna atau manajer tidak dapat mengingat secara keseluruhan apa yang mereka lakukan dan menceritakan kembali ke analisis. Teknik Observasi biasanya dilakukan secara bersama-sama dengan teknik pengumpulan kebutuhan sistem yang lainnya.

Referensi

Analisis Kebutuhan Sistem Untuk Pengguna (User Requirement)