Apa saja teknik menggambar illustrasi tradisional ?

Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik menggambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Apa saja teknik menggambar illustrasi tradisional ?

1 Like

1. Woodcutting

Ini adalah salah satu teknik kuno dan populer selama abad pertengahan. Woodcutting adalah teknik ilustrasi dengan menggunakan kayu sebagai medianya. Para illustrator sangat menyukai teknik ini karena hasil yang ditampilkan akan lebih bertekstur dengan paduan warna antara gelap dan terang serta goresan yang relatif besar. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini.

2. Metal Etchings

Teknik ini terbilang cukup rumit karena menggunakan lapisan baja, seng, atau logam yang dicelupkan ke dalam zat asam (zat khusus) sebagai salah satu prosesnya, lalu lapisan tersebut dimasukkan ke dalam mesin cetak bertekanan tinggi bersamaan dengan selembar kertas hingga membuat cetakan di atas kertas tersebut. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini.

3. Pencil Illustration

Ini adalah salah jenis ilustrasi yang paling populer. Jenis ilustrasi ini bersifat menciptakan garis tajam dan akurat dengan bayangan dan transisi yang lembut. Biasanya, terdapat 3 perbedaan terhadap jenis ilustrasi ini. Pertama, ilustrasi pensil bergaya monokrom, kedua menggunakan pensil warna dengan warna yang halus dan lembut, terakhir dengan perpaduan warna yang lebih tajam dan full colour. Teknik ini juga didukung dengan penggunaan ukuran pensil yang berbeda-beda
dalam setiap unsur gambarnya. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini.

4.Charcoal Illustration

Charcoal Illustration disebut juga dengan ilustrasi arang. Uniknya, bukan menggunakan pensil, namun dengan menorehkan arang di atas kertas. Keunikan lainnya ialah gambar terlihat lebih bertekstur. Biasanya, illustrator menggunakan jari dan tisu untuk menciptakan bayangan halus dan lembut. Pensil arangnya sendiri terdiri dari bubuk arang terkompresi yang menghasilkan garis bertekstur. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini.

5. Litography

Litografi berasal dari kata Yunani untuk ‘batu’. Awalnya, teknik ini menggunakan gambar yang digambar dengan minyak atau lilin ke permukaan pelat batu kapur litograf tingkat halus. Teknik ini hampir mirip dengan teknik Woodcutting dan Metal Etchings. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini.

6. Watercolor Illustrations

Watercolour adalah salah satu teknik ilustrasi yang cukup populer dan banyak diminati. Kenapa? karena gambar yang dihasilkan memberikan warna yang terkesan lebih lembut. Watercolour Illustration menggunakan cat air di atas kertas khusus. Teknik ini menggunakan pigmen warna dan membuat nuansa serta transparansi yang berbeda dengan menambahkan air ke warnanya. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini.

7. Gouache Illustrations

Gouache berasal dari bahasa Perancis (/ɡuˈɑːʃ, ɡwɑːʃ/; French: [ɡwaʃ]), yaitu sejenis cat air yang memberikan warna buram ketika diaplikasikan pada gambar. Teknik ini hampir mirip dengan Watercollour Illustration, namun cat air yang digunakan berbeda. Gouache biasa digunakan untuk karya poster, ilustrasi, komik, dan karya desain lainnya. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini.

8. Acrylics Illustration

Acrylics Illustration adalah salah satu teknik yang paling disukai karena jauh lebih mudah daripada watercolour atau Gouache Illustrations. Menggunakan cat akrilik, warna yang dihasilkan akan jauh terlihat lebih tebal.Cat akrilik sendiri memiliki beberapa jenis dengan harga yang beragam. Bedanya dengan cat minyak, cat akrilik lebih cepat kering saat digunakan. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini

9. Collage IIlustration

Collage Illustration adalah salah satu teknik ilustrasi yang cukup unik karena menggunakan potongan-potongan kertas yang ditempel ke sketsa gambarnya. Seringkali, ilustrator menggunakan shading dari lapisan kolase yang berbeda untuk mencapai efek 3D. Jenis ilustrasi ini sangat populer beberapa tahun belakangan ini, bahkan dianggap sebagai inspirasi bagi tren besar – desain material. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini

10. Pen-and-Ink Illustration

Teknik ilustrasi yang satu ini menggunakan tinta dengan menciptakan area kontras yang sangat kuat. Terkadang, pencapaian nilai gradasi sangat sulit, kecuali jika bekerja dengan tinta dan kuas. Selengkapnya, dapat kalian lihat pada video berikut ini

source: https://idseducation.com/articles/simak-10-teknik-menggambar-ilustrasi-tradisional/

__

Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray: