Apa saja tanggung jawab utama manajer produk ?

Seorang product manager merupakan posisi sangat strategis dan kunci penting dalam keberlangsungan dari perkembangan dari produksi dari suatu perusahaan. Bertanggung jawab atas segala mekanisme manajemen produksi secara teknis salah satunya meliputi pengawasan dan pengendalian proses produksi. Apa sajakah tanggung jawab utama manajer produk ?

Tanggung jawab utama manajer produk adalah menyusun Peta Jalan sebuah Produk atau biasa disebut Product Roadmap. Ketika membuat product roadmap, seorang manajer produk dapat mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

1. Jadilah Transparan Tentang Prioritas dan Proses roadmap produk
Manajer produk akan menjelaskan “mengapa” kepada stakeholder dan konstituen, seperti mengapa Anda memprioritaskan satu fitur atau tema daripada yang lain dalam rilis, mengapa memilih untuk lebih fokus pada satu tujuan tertentu.

Manajer Produk yang Sukses adalah yang sukses Membuat Roadmap Produk
Sebagai manajer produk, penting untuk dipahami bahwa Anda menjadi pusat yang utama di dalam perusahaan untuk mendapatkan banyak informasi penting tentang produk, pasar, pesaing, pelanggan, prospek, analis industri utama, dan banyak konstituensi lainnya. Perlunya selalu mengumpulkan dan menganalisis data dan intelijen bisnis dari semua sumber ini (dan juga sumber internal seperti penjualan dan layanan pelanggan), gunakan data ini untuk menginformasikan evolusi roadmap produk.

Pemikiran strategis manajer produk harus jelas dan terbuka dengan mereka tentang mengapa dan bagaimana Anda membuat keputusan.

2. Mampu mengatakan “Tidak” kepada stakeholder

Akan ada waktu ketika seorang eksekutif akan meminta sebuah fitur baru, seorang insinyur yang akan menyarankan untuk mengemukakan perkembangan fitur untuk menghemat waktu dan ketika sales rep memohon untuk menambahkan alat khusus kedalam product launching berikutnya karena calon pelanggan telah berjanji untuk membeli jika ditambahkan.

Product roadmap dibuat berdasarkan strategi produk yang sudah direncanakan sebelumnya dan didukung oleh bukti dan data yang valid. Oleh karena itu perlu adanya keberanian untuk mengatakan tidak terhadap keinginan berbagai stakeholder serta dapat menjelaskan mengapa permintaan tersebut tidak disetujui.

3. Jadilah pembuat prioritas yang tegas menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dan stakeholder

Terlepas dari ukuran atau budget perusahaan, Anda akan selalu menghadapi sumber daya yang terbatas untuk pengembangan produk. Itu berarti anda perlu untuk selalu memprioritaskan segala sesuatunya, dan terus menimbang faktor persaingan dari tujuan produk, sumber daya terbatas perusahaan, dan tuntutan dari berbagai stakeholder.

Jika tidak yakin dalam menetapkan prioritas atau cara menimbang berbagai faktor dalam mengembangkan roadmap, ada beberapa model yang dapat dipelajari sehingga dapat membantu anda dalam melakukan pertimbangan.

4. Membawa bukti pengambilan keputusan untuk diinformasikan
Salah satu ciri manajer produk sukses adalah kemampuan untuk menjawab “mengapa”. Banyak pertanyaan yang harus dihadapi dari stakeholder di seluruh organisasi. Salah satu cara paling efektif untuk menjawab mengapa adalah dengan bukti. Ini jauh lebih menarik daripada pendapat anda atau pendapat orang lain.

Jika memiliki data pengguna real, feedback pelanggan, dan metrik pada produk, maka sudah memiliki sumber intelijen bisnis yang sangat baik untuk menginformasikan bagaimana cara terbaik untuk membangun roadmap produk. Pelajari produk pesaing, baca komunitas online atau komentar di blog perusahaan dimana calon pelanggan atau pelanggan mendiskusikan produk atau produk pesaing dan pelajari laporan penelitian dari analis yang meliput industri Anda. Biarkan analisis anda sendiri membantu memandu dalam proses pengambilan keputusan.

Referensi :
https://www.productplan.com/key-responsibilites-of-product-managers/

Tanggung jawab dari manajer produk adalah sebagai berikut :

Bertanggung jawab kepada General Manager mengenai pelaksanaan tugas tugasnya.

Tugas-tugas dari manajer produk adalah sebagai berikut :

  1. Merencanakan kegiatan produksi dan setiap bagian pendukungnya.

  2. Mengontrol pelaksanaan kegiatan produksi dan bagian pendukungnya.

  3. Melakukan koordinasi dengan departemen penjualan terkait dengan order yang akan dikerjakan dan jadwal pengiriman.

  4. Melakukan koordinasi dengan departemen keuangan terkait dengan kebutuhan produksi akan bahan baku, bahan penolong dan bahan pembantu.

  5. Mengontrol kualitas produksi baik proses maupun mutu.

Wewenang dari manajer produk adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan saran dan nasehat serta penilaian terhadap kinerja bawahannya.

  2. Memberikan sanksi terhadap kesalahan dan pelanggaran bawahan.

  3. Meminta nasehat, petunjuk dan bimbingan dari atasnya.

  4. Membuat inovasi baru dalam pengerjaan produksi.

  5. Memberikan masukan kepada perusahaan terkait dengan departemennya.

  6. Melakukan koordinasi dengan departemen lain yang terkait dengan departemennya.