Apa saja tanggung jawab Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia bagi perusahaan?

Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia merujuk kepada departemen yang menaungi kerja sistem hubungan antar pekerja di sebuah perusahaan, atau organisasi. Departemen ini terlibat dalam segala hal yang berkaitan dengan kesejahteraan, pendidikan karyawan, perekrutan tenaga kerja, dan analisis terhadap kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan karyawa.

Apa saja tanggung jawab Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia bagi perusahaan?

Tanggung jawab Human Resource Management bagi perusahaan adalah:

1. Perencanaan

Salah satu tanggung jawab HR Departemen adalah perencanaan. Perencanaan yang menjadi tanggung jawab HR Departemen adalah adanya perencanaan yang baik untuk semua bisnis proses HR, seperti misalnya HR Planning, Recruitment, Performance Management, Training & Development, Compensation & Benefit, Industrial Relation, Administration. Semua aktifitas tersebut perlu perencanaan yang baik. Setiap aktifitas tersebut harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari form, surat, working instruction, Procedure, policy dan sebagainya.

2. Rekrutmen

Pemilihan SDM yang tepat menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan. Ketika perusahaan melakukan proses perekrutan HR Departemen memiliki peranan penting dan tanggung jawab yang besar dalam pemenuhan SDM yang tepat sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Dalam proses rekrutmen, HR Depertemen memiliki tanggung jawab untuk mencarikan dan menentukan karyawan mana yang layak untuk masuk ke dalam perusahaan, tentunya dalam proses ini HR dan user akan dibantu dengan serangkaian tes seleksi.

3. Mengelola SDM

Setiap Sumber Daya Manusia (SDM)—karyawan—di dalam sebuah perusahaan merupakan aset yang sangat penting dan harus dijaga demi performa yang baik pula. Dalam menjaga performa karyawan ini lah fungsi HRD perlu dihadirkan. Seorang HRD juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan observasi pada seluruh karyawan dan berusaha untuk menggali potensi mereka.

4. Mengatur Reward dan Punishment

Dalam mengelola SDM, ketika ada karyawan yang tidak sesuai dengan standar operasional perusahaan tersebut HRD memiliki tanggung jawab untuk memberikan teguran pada karyawan itu. Biasanya bentuk teguran yang diberikan berupa surat peringatan (SP) untuk karyawan yang melanggar. Sedangkan bagi karyawan yang teladan, HRD juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan reward biasanya bisa dalam berbagai bentuk seperti promosi jabatan, atau kenaikan gaji karyawan.

5. Pengembangan SDM

Pelatihan untuk para karyawan dalam sebuah perusahaan adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan pelatihan, ini akan memberikan nilai tambah bagi setiap karyawan, sehingga dalam melakukan pekerjaannya karyawan bisa memberikan performa yang lebih baik lagi. Telah dijelaskan di atas bahwa HRD wajib melakukan observasi pada karyawan, dari hasil observasi itulah seorang HRD harus menentukan pelatihan apa yang tepat untuk diberikan pada karyawan tersebut. Hal paling berbahaya yang mungkin bisa terjadi ketika ada ketidakhadiran HRD dalam sebuah perusahaan adalah akan terjadinya chaos dalam perusahaan tersebut. Jangankan ketidakhadiran seorang HRD dalam perusahaan, ketika perusahaan memiliki HRD yang kurang cekatan dan tidak mumpuni di bidangnya saja itu sudah bisa membuat sebuah perusahaan menuju kehancuran. Hal ini jelas membuktikan posisi HRD adalah sangat vital di dalam sebuah perusahaan.