Apa saja tanggung jawab dan peran seorang manajer proyek pada Plan Human Resource Management?

Dalam sebuah proyek, pasti membutuhkan manajer proyek. Apa saja tanggung jawab dan peran seorang manajer proyek pada Plan Human Resource Management?

Manajer proyek adalah orang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa timnya bisa menyelesaikan sebuah proyek. Manajer proyek bertugas untuk mengembangkan project plan bersama dengan anggota tim proyek. Sebaiknya, seorang manajer proyek memiliki kemampuan problem solving dan manajemen yang baik. Seorang manajer proyek bertanggung jawab atas segala komunikasi dalam proyek dan memastikan bahwa proyek sesuai dengan triple constraint: scope, waktu, dan biaya.

Peran dan tanggung jawab manajer proyek
Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh manajer proyek.

  • Mengembangkan project plan
  • Mendefinisikan scope sebuah proyek
  • Membuat dan mengatur setiap aktivitas dalam perencanaan
  • Memilih resource untuk proyek
  • Membuat jadwal atau schedule
  • Memperkirakan estimasi waktu pengerjaan proyek
  • Memperkirakan biaya yang dibutuhkan proyek
  • Mengatur keuangan atau budget
  • Membuat dokumentasi
  • Membuat metrik dan grafik
  • Menganalisis risiko
  • Mengelola risiko dan masalah
  • Mengawasi dan melaporkan progress
  • Memimpin tim
  • Strategy influencing
  • Menjalin hubungan kerja dengan vendor
  • Mampu melakukan analisis Scalability, Interoperability dan Portability
  • Mengontrol kualitas
  • Mengelola keuntungan atau benefit

Sumber:

  1. http://www.learncertification.com/study-material/project-manager-roles-and-responsibilities