Apa saja tanda-tanda kucing mengalami ketakutan?

Kucing

Kucing kerap kali memberikan sinyal jika mengalami suatu hal, lalu sinya apa yang diberikan kucing ketika merasa ketakutan?

2 Likes

Kucing ketakutan tak selalu berlari dan bersembunyi. Ada kucing yang mengekspresikannya dengan sikap agresif (mendesis, melengkungkan tubuhnya, mencakar, menggeram), buang air kecil tak terkendali, buang air di luar litter box, atau bahkan terpaku di tempat.

Kucing bisa takut karena suara keras dan gerakan tiba-tiba. Hal-hal itu membuatnya kaget yang berubah jadi rasa takut. Lingkungan baru, orang baru, anak kecil yang terlalu aktif,terlalu banyak kucing di rumah, perjalanan ke dokter hewan atau perjalanan liburan, itu semua bisa menjadi pemicu rasa takut pada kucingmu.

sumber:https://petlogue.com/curation/tahukah-kamu-kalau-kucingmu-penakut-kenali-perilakunya-dan-begini-cara-mengatasinya/

Kucing mungkin menunjukkan perilaku berikut ketika dia merasa takut:

  1. Melarikan diri
  2. Bersembunyi
  3. Agresif (yang meliputi meludah, mendesis, menggeram, menampar, menggigit, menggaruk, bulu dan ekor yang membengkak, melengkung ke belakang, mengibaskan ekor, dan telinga yang mendatar)
  4. Dingin (diam) di tempat
  5. Kehilangan kontrol kandung kemih / usus
  6. Melepaskan kelenjar anal
  7. Menolak menggunakan kotak sampah (litter box)

Kita harus memerhatikan kucing dengan hati-hati untuk menentukan alasan ketakutannya. Berikut adalah beberapa pemicu yang umum:

  1. Suara keras atau gerakan cepat
  2. Lingkungan yang aneh
  3. Orang atau binatang yang aneh
  4. Anak yang aktif
  5. Peristiwa yang menegangkan, seperti pindah atau bepergian ke dokter hewan
Referensi

How to help a frightened cat. https://www.humanesociety.org/resources/how-help-frightened-cat. Diakses pada 22 Mei 2020.