Apa saja tahapan yang dilakukan dalam melakukan Perencanaan Sumber Daya Manusia ?

perencanaan sumber daya manusia

Tahapan apa saja yang dilakukan dalam melakukan perencanaan sumber daya manusia atau Plan Human Resource Management?

Tahapan yang dilakukan dalam Plan Human Resource Management adalah sebagai berikut :

1. Mengumpulkan dan mengolah data perusahaan dan kepegawaian

  • Mengumpulkan data untuk mempelajari dan memahami semua aspek lingkungan perusahaan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam merencanakan dan mengantisipasi isu yang muncul dari kondisi yang stabil

  • Menentukan aspek lingkungan perusahaan yang mempengaruhi lingkungan ekternal, organisasional dan persediaan pegawai

  • Data perusahaan yang diperlukan

Target yang ingin dicapai perusahaan, apakah laba atau memberikan pelayanan/ nirlaba

  • Jenis perusahaan, apakan perusahaan ini lini, lini dan staf, funsional atau komite
  • Dasar pendepartemenan dan struktur organisasi
  • Rentang kendali setiap departemen/bagian
  • Kepemimpinan perusahaan, individu atau kolektif
  • Jumlah karyawan dan perincian manajerial dan operasional
  • Jenis kewenangan atau otorisasi yang didelegasikan dalam preusan
  • Tingkat – tingkat posisi jabatan

2. Melakukan Penyusunan Job Analysis / Analisa jabatan

Dalam menyusun Job Analysis / Analisa Jabatan langkah yang dilakukan adalah:

  • Melakukan inventarisasi jabatan dan penyusunan bagan struktur jabatan. Mendata seberapa banyak jabatan yang diperlukan di setiap lini di dalam perusahaan

  • Menentukan kebutuhan jabatan setiap satuan kerja dengan menentukan berapa banyak jabatan yang diperlukan di setiap jabatan tersebut

  • Penyusunan Uraian jabatan ( Job Description ). Job Description / Uraian Jabatan merupakan rincian pekerjaan yang berisi informasi menyeluruh tentang tugas/kewajiban, tanggung jawab, dan kondisi-kondisi yang diperlukan dalam suatu pekerjaan.

  • Menyusun spesifikasi pekerjaan ( Job specification) / persyaratan jabatan ( Job Requirement ). Job Specification merupakan hal penting dalam perencanaan pengembangan SDM karna dengan Job Specification tergambarkan spesifikasi karyawan yang dapat digunakan untuk mengembangkan karyawan dimasa yang akan datang berdasarkan kemampuan, keahlian dan kecerdasan yang dimiliki karyawan tersebut

  • Evaluasi pekerjaan ( Job Evaluation ). Melakukan penilaian dengan tujuan untuk memberikan nama, ranking/peringkat dan kompensasi suatu jabatan. Hasil dari evaluasi jabatan dapat digunakan untuk melakukan penyederhanaan pekerjaan, pengayaan dan perluasan pekerjaan serta untuk perencanaan karir ( career plan )

3. Perkiraan dan perencanaan persediaan pegawai

Melakukan evaluasi pesediaan tenaga kerja dengan mempertimbangkan tingkat persediaan, kemampuan, jenis, umur, pendidikan, penyebaran, kebijakan perburuan dll.

4. Perkiraan dan perencanaan kebutuhan pegawai

  • Memperkirakan jumlah permintaan pegawai. Memprediksi kebutuhan pegawai dengan mengunakan metoda yang sesuai

  • Memperkirakan Penawaran pegawai. Melalukan perkiraan panawaran pegawai baik dari sumber internal maupun eksternal

5. Penyusunan neraca pegawai

Melakukan analisis kesenjangan antara persediaan pegawai dan permintaan pegawai

6. Penyusunan program kepegawaian

  • Merumuskan berbagai alternatif program yang dianggap memungkinkan untuk mencapai sasaran yang ditetapkan
  • Memilih kegiatan yang paling baik diantara semua alternatif yang ada
  • Mengintegrasikan seluruh kegiatan yang dipilih dalam kerangka kerja yang utuh

Referensi : Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, SOP, HR Consultant, Business Strategy, ISO