Apa saja tahapan-tahapan dalam manajemen?

Manajemen merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam suatu organisasi. Tanpa adanya manajemen, organisasi tidak dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Manajemen yang baik selalu mengedepankan kerjasama, keharmonisasi, komunikasi yang kontruktif, seimbang, searah dan saling menghormati. Untuk itu apa saja tahapan-tahapan dalam manajemen agar organisasi dapat berjalan dengan baik?

Manajemen merupakan suatu kegiatan yang harus digunakan untuk mengatur semuanya dengan baik, agar dapat melakukan kegiatan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, manajemen dalam kehidupan sehari-hari itu sangat penting. Tanpa adanya manajemen, kegiatan dalam kehidupan sehari-hari menjadi tidak teratur. Hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan di dalam suatu organisasi.

Demi kelancaran proses kegiatan manajemen dalam suatu organisasi diperlukan beberapa tahapan-tahapan yang dianggap penting. Tahapan-tahapan tersebut yaitu :

  1. Perencanaan dan pengambilan keputusan ( planning and decision making ). Perencanaan merupakan tahapan pertama dari proses manajemen. Rencana-rencana tersebut dibutuhkan untuk mengarahkan dan menetapkan keputusan atau prosedur terbaik untuk mencapai tujuan-tujuan dari organisasi.
  2. Pengorganisasian ( organizing ). Dalam rangka pelaksanaan program-program harus diorganisasikan dengan baik agar pengelompokan dan pengaturan antara berbagai komponen yang ada sesuai dengan perencanaan yang ada.
  3. Memimpin ( leading ). Memimpin merupakan kegiatan mempengaruhi atau mendorong anggota organisasi untuk bekerja sama bagi kepentingan organisasi. Hal ini diperlukan karena akan membantu mencapai tujuan efektivitas dan efisiensi dengan mengubah perilaku karyawan.
  4. Pengendalian ( controlling ). Memantau kemajuan dalam organisasi sangat penting untuk menjamin tercapainya tujuan organisasi. Kegiatan pengendalian umumnya berhubungan dengan pengukuran prestasi atau hasil dari tindakan yang diambil untuk mencapai tujuan organisasi.

Referensi :