Apa saja tahapan dasar dalam pengembangan Risk Management Plan?

Dalam Risk Management Plan, tentu ada tahapan proses pengembangannya, apa saja tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam pengembangan Risk Management Plan ?

Terdapat beberapa langkah dalam pengembangan Risk Management Plan, yaitu :

1. Mengidentifikasi risko dan membuat Risk Register
Sebelum kita berpikir mengenai bagaimana cara mengelola dan memitigasi risiko, yang paling penting adalah mengidentifikasi risiko tersebut dan membuat Risk Registernya.

2. Menganalisa dan mengevaluasi Risiko
Kita harus menganalisis dan mengevaluasi setiap risiko untuk menentukan pengaruhnya terhadap keberhasilan penyelesaian proyek.

3. Mengidentifikasi pemicu risiko
Secara garis besar bagi tim ke dalam subkelompok yang akan menangani setiap risiko. Subkelompok ini harus mempelajari risiko mereka dalam pengertian yang lebih dalam dan mengenali pemicu risiko dan tanda-tandanya.

4. Brainstroming untuk gagasan solusi
Setiap tim mengambil risiko dan brainstrom mereka menjadi gagasan yang menundukkan ancaman. Ini harus merupakan tindakan pencegahan atau rencana kontingensi yang diambil tim pada awal proyek.

5. Membuat sebuah rencana
Risiko diidentifikasi, kemungkinan solusi atau tindakan dipertimbangkan, apa yang tersisa untuk dibuat adalah rencana tindakan untuk hal ini.

6. Memantau dan Meninjau Risiko
Ketika proyek berjalan sesuai rencana, bersamaan dengan menjalankan rencana pengelolaan risiko proyekm menangani semua risiko yang mungkin terjadi dalam penyelesaiannya. Pertimbangkan periode peninjauannya setiap dua minggu sekali.

source :