Apa saja tahapan dalam belajar bermain Gitar secara otodidak?

Saya ingin belajar bermain Gitar, namun saya tidak tau apa hal pertama yang harus saya lakukan dalam belajar bermain gitar. Ada yang dapat memberikan saya rekomendasi tahapan yang harus saya lakukan ketika belajar Gitar secara otodidak?

Daftar Proses Belajar Main gitar yg harus kamu lalui

  1. Memiliki tekad dan semangat untuk memulai belajar gitar.
    langkah pertama dalam belajar gitar yang harus anda lalui adalah siapkan tekad dan niat anda. atau, tentukan tujuan anda untuk menguasai alat musik gitar ini agar tekad dan niat anda jadi lebih terarah. contohnya saya, tekad awal saya untuk memulai belajar bermain gitar yaitu melihat seorang tetangga saya dapat memainkan gitar dengan berbagai lagu apa saja yang dinyanyikannya, dan itu menurut saya keren banget. dan dari situ saya bertekad untuk bisa memainkan Gitar.

  2. Siapkan Peralatan ini secara lengkap.
    sebaiknya jangan ada yang tertinggal dari peralatan yang anda butuhkan dalam belajar bermain gitar dibawah ini.

    1. Gitar.
      Sebaiknya, untuk pertama kali belajar gitar belilah gitar dengan harganya relatif murah dan sebaiknya gitar jenis Akustik atau Klasik(Nylon). maksud dari harga relatif murah yang saya maksud ialah gitar dengan harga berkisar Rp. 200.000 - Rp.800.000 .merek gitar yang anda pilih sebaiknya merek yang sudah sangat terkenal dipasaran. rekomendasi gitar dari saya yang paling tepat untuk anda saat pertama kali belajar gitar yaitu Yamaha APX atau merk KAPOK yang harganya berkisar Rp 500.000 an.
    2. Tuner
      ini adalah alat untuk menyetel senar gitar anda agar suara pada setiap senar tepat pada nadanya masing-masing. harga tuner ini dipasaran berkisar Rp. 50.000 lebih.
    3. Buku Gitar
      ini adalah kunci sukses anda dalam belajar gitar secara otodidak. sebaiknya beli buku gitar yang daftar isinya terdiri dari : Pengenalan awal gitar, Gambar Chord gitar , Scale dan daftar kunci-kunci gitar dari lagu-lagu band yang terkenal.
    4. MP3 Player.
      Alat ini fungsinya untuk menambah motivasi dan imajinasi anda dalam belajar memainkan gitar. jadi, nantinya anda dapat mendengar berbagai permainan para gitaris favorit anda dan sedikit demi sedikit mencoba untuk menirunya.
  3. Atur Schedule latihan anda
    lanjut kelangkah selanjutnya. mengatur jadwal latihan anda sangat penting agara hasil dari latihan gitar anda cepat berkembang, karna kelemahan dari gitaris yang belajar gitar secara otodidak itu adalah jadwal latihan yang tidak jelas. Contoh schedule latihan gitar yang benar itu simple saja, yaitu Latihan Gitar setiap hari jam 2 siang sampai 4 sore. itu sudah cukup, tinggal anda melaksanakannya secara konsisten.

  4. Awal latihan mulai dengan mempelajari CHORD gitar
    Poin. 4 dalam belajar memainkan gitar. setelah anda menetapkan waktu latihan anda, langkah selanjutnya adalah memulai belajar gitar. awal belajar sebaiknya anda mempelajari beberapa chord yang mudah-mudah saja, contohnya Chord EM, Am, D, A, C, G, dll. mulailah menekan kunci yang ada dipetunjuk gambar pada buku yang telah anda beli lalu petik atau lakukan rythem sesekali dengan jari jemari anda. setelah menguasai beberapa chord gitar, pelajari chord gitar lainnya.

  5. Latihan dengan Lagu favorit anda
    Setelah anda menguasai beberapa chord gitar, carilah kunci gitar dari beberapa lagu favorit anda di buku lagu atau internet (GoGitar.blogspot.com). lalu cobalah memainkannya sesuai dengan petunjuk buku dan Lagu diMP3. penting, sebaiknya sebelum memulai belajar gitar lagu favorit anda, stem atau stel dulu senar gitar anda menggunakan alat tuner yang telah anda beli.

  6. Mencari Chord lagu sendiri
    setelah anda dapat memainkan lagu favorit anda dan beberapa lagu lainnya, selanjutnya cobalah latihan mencari Chord sebuah lagu tanpa melihat dibuku musik atau internet. caranya ? apabila anda sudah menguasai berbagai chord lagu yang telah anda pelajari sebelumnya, nantinya insting anda akan timbul sendiri dan dapat mencari chord sebuah lagu secara otodidak.

  7. Belajar Membaca Tab gitar, Teknik-teknik gitar, scale dan melodi
    setelah anda melewati langkah belajar gitar no. 6, selanjutnya anda akan mempelajari cara membaca tab gitar dan berbagai teknik bermain gitar. langkah ini merupakan langkah menuju menjadi seorang gitaris master. adapun cara belajar cara membaca tab gitar ini nantinya akan GoGitar jabarkan diartikel tutorial selanjutnya, dan didalam tab gitar itu sudah termasuk pelajaran teknik-teknik bermain gitar seperti teknik sliding, tapping, harmonik, dll. satu lagi, maksud dari membaca TAB gitar itu adalah memainkan sebuah lagu dalam bentuk tabulasi yang telah dibuat oleh seorang gitaris, yang mana orang lain juga dapat mempelajari permainan gitar lagu tersebut semirip mungkin dengan permainan aslinya. kerenkan ?. penjelasan lainnya akan saya jabarkan diblog ini secara lengkap.

  8. Bermain gitar dengan berbagai tuning.
    dilangkah ini anda akan memainkan gitar dengan setelan senar yang berbeda-beda, yaitu Drop D, open D, Open c, dll. tentunya bentuk dari chord gitar akan semakin sulit.

  9. Memainkan sebuah lagu dengan berbagai teknik
    ini merupakan langkah tertinggi bagi seorang gitaris, karena dilangkah ini anda akan menciptakan gaya permainan gitar anda sendiri. yaitu, anda akan menciptakan atau mengaransemen ulang sebuah lagu dengan permainan gitar anda yang mana didalam permainan gitar anda, anda sudah menggabungkan beberapa teknik-teknik gitar yang akan merubah lagu itu menjadi jauh lebih indah.

  10. Mengembangkan imajinasi dan kreatifitas.
    sampai juga di langkah belajar gitar yang terakhir. dalam langkah terakhir ini anda akan mengembangkan kemampuan anda dalam memainkan gitar lebih jauh lagi. seperti contohnya menciptakan suatu teknik bermain gitar yang belum ada.

Ringkasan

http://gogitar.blogspot.co.id/2015/08/proses-belajar-bermain-gitar.html

Wah terimakasih jawabannya lengkap sekali dan sangat membantu bagi pemula yang ingin belajar memainkan gitar

Kalau dari pengalaman saya, kunci dari belajar secara otodidak itu adalah mendengarkan. Kita harus bisa mendengarkan musik yang akan kita mainkan dan mendengarkan ketika kita memainkan alat musik tersebut. Kesalahan pemula pada umumnya mereka tidak mempedulikan suara yang keluar dari alat musik mereka sehingga mereka akan terus bermain walaupun kenyataannya itu salah.