Apa saja Suplemen untuk Otak yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat?


Dilansir Hellosehat.com Asupan nutrisi yang tepat memang berperan penting untuk kesehatan otak. Sayangnya, tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya hanya dari makanan yang ia konsumsi sehari-hari. Beberapa orang mungkin memerlukan asupan nutrisi tambahan dari suplemen. Apa saja Suplemen untuk Otak yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

  1. Vitamin B12
    Para ilmuwan telah lama meneliti hubungan antara rendahnya tingkat vitamin B12 (cobalamin) dan daya ingat. Vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, yaitu zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Menurut seorang ahli di Mayo Clinic, asupan B12 yang cukup dalam menu makan Anda dapat membantu melindungi otak dari kerusakan saraf, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi risiko penurunan fungsi mental.

  1. Vitamin E
    Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa vitamin E dapat bermanfaat bagi pikiran dan memori pada orang lanjut usia. Meskipun vitamin E tampaknya tidak mengurangi risiko penyakit Alzheimer, vitamin ini dipercaya mampu memperlambat perkembangan penyakit ini.

Namun, Anda harus hati-hati ketika mengonsumsi suplemen untuk otak ini. Pasalnya, mengonsumsi lebih dari 1.000 IU vitamin E per hari sangat berisiko bagi orang-orang dengan penyakit jantung, terutama bagi mereka yang sedang dalam pengobatan pengencer darah. Vitamin E dosis tinggi juga meningkatkan risiko kanker prostat.

Itu sebabnya, pastikan Anda selalu berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen ini.

  1. Asam lemak omega-3
    Asam lemak omega-3 merupakan salah satu nutrisi penting untuk perkembangan otak. Studi menunjukkan bahwa asupan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dari makanan seperti ikan dan minyak sayur bisa membantu menangkal Alzheimer.

Studi lain juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan lebih aman dari pelemahan (atrofi) otak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi minyak ikan.

  1. Acetyl-L-carnitine
    Beberapa studi menunjukkan bahwa sintesis dari asam amino carnitine ini bisa membantu pasien Alzheimer dengan gangguan ingatan. Suplemen ini bisa memberikan manfaat lebih besar bagi orang yang mengalami Alzheimer di usia yang cenderung muda, atau yang laju perkembangan Alzheimernya sangat cepat.