Apa saja Strategi promosi penjualan yang baik?

Strategi Promosi penjualan adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan permintaan dari para pemakai atau konsumen akhir yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan dengan jalan mempengaruhi konsumen secara langsung. Fandy Tjiptono, “Strategi pemasaran”, 1997

Apa saja Strategi promosi yang baik ?

Strategi promosi penjualan adalah perencanaan atau kegiatan dari suatu organisasi / perusahaan agar dapat mencapai sasaran sehingga tujuan yang diinginkan dapat terwujud.

Menurut Kotler dan Amstrong (2001), pemasar dapat memilih salah satu dari strategi promosi dasar berikut ini :

  • Strategi Dorong (Push Strategy)
    Meliputi tindakan mendorong produk melalui saluran distribusi agar sampai kepada konsumen akhir. Pembuat produk mengarahkan aktivitas pemasarannya, terutama penjualan personal dan promosi dagang, kepada anggota-anggota saluran agar mereka ikut serta membawa produk dan mempromosikannya kepada konsumen akhir.

  • Strategi Tarik (Pull Strategi)
    Yaitu strategi promosi yang menuntut pengeluaran yang besar untuk iklan dan promosi penjualan guna menciptakan permintaan konsumen. Jika strategi berhasil, permintan konsumen akan menarik produk melalui saluran. Pada strategi tarik, pembuat produk mengarahkan aktivitas pemasarannya, terutama lewat iklan dan promosi konsumen, kepada konsumen akhir yaitu agar mereka mau membeli produk itu dari anggota saluran, yang pada gilirannya akan meminta kepada pembuat produk. Jadi pada strategi ini, permintaan konsumen akan menarik produk tersebut melalui saluran.