Apa Saja Solusi Instan ‘Menyulap’ Wajah Kusam & Lelah jadi Lebih Cantik?

Wajah yang terlihat kusam karena lelah atau kurang tidur bisa menghambat kinerja Anda di kantor. Apalagi bila di hari itu Anda harus bertemu dengan klien atau memberikan presentasi kerja. Di sisi lain, Anda juga tidak punya banyak waktu untuk perawatan wajah dan tubuh di salon.

1 Like
  1. Jangan Sirup, Minum Air Putih Saat Haus
    Kurang minum air putih akan membuat kulit terlihat kusam, pucat, serta bibir kering. Obatnya simple, minum air putih yang cukup. Selalu sediakan sebotol air putih di tas, meja kantor atau di manapun saat Anda beraktivitas di luar rumah. Hindari minum kopi, soda atau sirup karena kandungan gulanya yang tinggi akan mempercepat penuaan. Jika ingin sesuatu yang mempunyai rasa, minumlah teh herbal.

  2. Pakai Shimmer
    Mengaplikasikan sedikit shimmer di sudut dalam mata, tulang pipi dan tulang alis akan memberi Anda tampilan wajah yang tampak sehat bercahaya. Shimmer juga berfungsi menyamarkan tanda-tanda kelelahan pada wajah. Anda bisa memilih bentuk stik/krayon jika memiliki kulit normal cenderung kering, atau bubuk untuk kulit berminyak.

  3. Face Spritz
    Spray penyegar wajah bisa jadi solusi instan untuk mengatasi wajah yang kusam karena lelah. Beberapa produk biasanya memiliki formula khusus seperti vitamin C, pelembab, antioksidan atau air mineral dari pegunungan. Face spritz juga bisa membuat make lebih menempel dan tahan lama. Semprotkan dengan jarak 15 cm setelah make-up.

  4. Eye Roller
    Gel penyegar mata dalam bentuk roller cukup efektif untuk meredakan mata lelah dan bengkak, serta lingkaran gelap karena kurang tidur atau stres. Roller-nya akan memberikan pijatan ringan yang melancarkan aliran darah sehingga mata lebih segar.

  5. Mascara
    Pulasan mascara bisa membuat mata terlihat lebih cantik dan ekspresif secara instan. Pilih maskara yang berfungsi melentikkan sekaligus memanjangkan bulu mata agar mata Anda yang tampak lelah bisa lebih ‘terbuka’ seketika.

  6. Lipstik Warna Terang
    Gunakan lipstik warna terang seperti merah, coral atau pink untuk memberi rona lebih segar pada wajah. Karena warna lipstik sudah cukup mencolok, riasan mata sebaiknya tetap natural. Cukup gunakan eyeliner dan mascara.

Sumber : https://wolipop.detik.com/read/2013/03/02/104919/2183900/234/solusi-instan-menyulap-wajah-kusam--lelah-jadi-lebih-cantik

Air cucian beras untuk menyegarkan wajah


Air cucian beras atau air leri merupakan air yang diperoleh dalam proses pencucian beras. Air cucian beras mudah didapatkan karena sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan beras sebagai makanan pokok. Beras tergolong makanan pokok dengan kandungan karbohidrat tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi. Selama ini air cucian beras belum banyak dimanfaatkan dan biasanya hanya dibuang begitu saja. Sebenarnya didalam air cucian beras masih mengandung senyawa organik seperti karbohidrat dan vitamin seperti thiamin yang masih bisa dimanfaatkan (Moeksin, 2015).


Sumber: merdeka.com

Saat ini air cucian beras sudah mulai dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang lebih bermanfaat (Susilawati, 2016). Salah satu pemanfaatan air cucian beras sebagai produk perawatan kulit.

Hasil penelitian oleh Annisa et al (2017) menunjukan bahwa konsentrasi optimal formula masker gel peel-off yang diperoleh yaitu 7% untuk ekstrak ampas daun teh dan 5% untuk ekstrak air cucian beras berdasarkan uji pendahuluan

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa air cucian beras berpotensi sebagai anti aging karena adanya starch atau pati halus yang dapat merontokkan debu dan sel kulit mati pada wajah, asam amino esensial yang terdapat dalam air cucian beras dapat meregenerasi sel-sel kulit (Samahah et al, 2015). Selanjutnya pernyataan tersebut selaras dengan temuan Annisa et al (2017) bahwa hasil aktivitas antioksidan sediaan masker gel peel-off kombinasi ekstrak ampas daun teh dan air cucian beras lebih baik dari produk (X) yang beredar di pasaran yaitu dengan nilai IC50 20,38 µg/mL.

Bagi Youdics yang ingin mencoba menggunakan air cucian beras lebih direkomendasikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum diaplikasikan keseluruhan. Caranya dengan menempelkan air cucian beras pada kulit belakang telinga, apabila terdapat iritasi maka jangan melanjutkan perawatan kulit dengan air cucian beras.

Referensi
  1. Annisa, A.N., Amalia, N., Khaerunnisa, T.A., Amalia, M, Nugraha, I. 2017. Camorys For Anti Aging: MAsker Wajah dari Air Cucian Beras
  2. Moeksin, R., (2015). Pembuatan Bioetanol Dari Air Limbah Cucian Beras Menggunakan Metode Hidrolisis Enzimatik Dan Fermentasi. Jurnal Universitas Brawijaya.
  3. Susilowati dan Kuspriyanto. 2016. Gizi dalam Daur Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.