Apa saja solusi atasi abrasi pada gigi?

gap-2019489__340

Terkikisnya dentik gigi ini tentu saja ada penyebabnya. Dan biasanya abrasi gigi ini banyak disebabkan oleh kebiasaan seseorang seperti menyikat gigi terlalu kuat, minum soda, menggigit benda keras, penggunaan kawat gigi yang terlalu mencengkram, memakai tusuk gigi yang terlalu tajam dan juga penggunan pasta gigi yang tidak tepat. lalu apa saja solusi atasi abrasi pada gigi?

Mengubah kebiasaan buruk yang menyebabkan abrasi gigi
Jika memang abrasi pada gigi Anda belum parah dan masih bisa diatasi sendiri maka segera hentikan kebiasaaan Anda yang bisa merusak email gigi. Jangan terlalu kuat saat menggosok gigi. Hindari juga penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang terlalu keras. Kebiasaan minum soda juga harus segera Anda tinggalkan. Terlebih bila Anda sering menggigit benda-benda keras dengan gigi, maka sebaiknya tidak lagi Anda lakukan.

Pengolesan Fluor
Berikutnya solusi untuk mengatasi abrasi gigi adalah dengan mengoleskan flour. Tindakan ini sendiri digolongkan sebagai tindakan pencegahan ketika melihat email gigi mulai terlihat mengalami pengikisan. Pada solusi ini flour ini biasanya berbentuk gel, obat kumur atau pasta untuk dioleskan langsung pada gigi yang mengalami abrasi.

Menambal gigi
Terakhir, solusi untuk masalah abrasi gigi yang sudah parah adalah dengan menambal gigi. Ketika dilakukan penambalan gigi maka memang yang terjadi adalah email gigi tersebut yang benar-benar sudah rusak . Saat hal ini terjadi maka Anda mau tak mau harus pergi ke dokter gigi untuk memeriksakannya. Penanganan pada rusaknya email gigi ini biasanya dilakukan dengan cara menambal gigi menggunakan bahan resin komposit, sehingga pada bahan resin komposit inilah email gigi yang mengalami pengikisan akibat proses abrasi akan tergantikan.