Apa saja sistem peredaran darah pada ikan ?

peredaran darah pada ikan

Ikan termasuk golongan hewan vertebrata yang memiliki siklus peredaran darah yang mirip dengan sistem peredaran darah pada katak, sistem peredaran darah pada aves bahkan mekanisme peredaran darah pada manusia. Ikan memiliki sistem peredaran darah tertutup dan peredaran darah tunggul.

Apa saja sistem peredaran darah pada ikan ?

Sistem Peredarah Darah pada Ikan

  1. Jantung
    Posisi jantung dalam tubuh ikan terletak di bagian posterior lengkung insang, di bagian depan rongga badan, dan di atas Ithmus. Jantung ikan terdiri dari satu atrium, satu ventrikal dan sinus venosus.

  2. Conus Arteriosus
    Ikan jenis Elasmobranci memiliki conus arteriosus yang berfungsi dan berkembang dengan baik namun ikan jenis ini tidak memiliki bulbus arteriosus. Sedangkan ikan jenis Teleostei memiliki conus arteriosus yang strukturnya sangat kecil dan memiliki bulbus arterious yang tumbuh serta berfungsi dengan baik.

  3. Arteri
    Arteri adalah salah satu pembuluh darah yang ada dalam tubuh ikan. Arteri di dalam tubuh ikan berfungsi untuk menyalurkan darah yang keluar dari insang menuju ke seluruh tubuh. Pembuluh darah arteri mengandung banyak oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh ikan. Arteri dalam tubuh ikan terdiri dari tiga buah lapisan, yaitu intima, endothelium, dan subendothelium.

  4. Vena
    Vena adalah salah satu pembuluh darah yang ada dalam tubuh ikan dan berfungsi sebagai pembuluh darah balik yang alirannya bertujuan ke jantung. Vena memiliki dinding yang lebih tipis dari arteri namun ukuran rongganya jauh lebih besar dari arteri. Dinding vena sangat elastis dan aktif berkontraksi sehingga mampu memompa darah sampai ke jantung.

  5. Kapiler
    Kapiler adalah tempat percabangan salurah darah dalam tubuh ikan yang berfungsi sebagai tempat pertukaran antara darah dengan jaringan atau sel. Kapiler yang terdapat dalam tubuh ikan ada tiga jenis, yaitu kapiler kontinyu, kapiler berpori dan kapiler diskontinyu.

Sumber: