Apa saja sifat dasar jaringan?

Jaringan komputer merupakan dua buah simpul atau lebih dan ditujukan untuk melakukan pertukaran suatu data, dengan itu kita dimudahkan dalam berbagi data atau terhubung dengan orang lain. Untuk mengenal tentang jaringan kita harus tau Apa saja sifat dasar jaringan ?

Jaringan adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa menggunakan kabel sebagai penghubungnya. dengan jaringan sendiri memiliki beberapa sifat dasar antara lain yaitu :

  1. Scability
    image
    Adalah Jaringan komputer dapat di skalakan atau diukur sesuai dengan kebutuhan pengguna jaringan komputer.
    Contoh : jaringan komputer dapat menghilangkan batasan dengan lingkup geografis, sehingga bisa terhubung melalui internet meskipun dengan jarak yang jauh.

  2. Resource Sharing
    image
    Adalah jaringan komputer yang dapat digunakan untuk saling berbagi satu sama lain dan memakainya secara bersamaan dengan segala sumber daya yang tersedia.
    Contoh : Pemakaian bersama pada layanan Cloud Computing untuk jenis layanan SAAS (Software As A Service), misalnya Google Docs.

  3. Connectivity
    image
    Adalah jaringan komputer yang memiliki sifat mudah dihubungkan ke sumua pengguna komputer serta pengguna komputer sendiri juga dapat terhubung ke dalam jaringan komputer yang telah tersedia.
    Contoh : Smartphone sudah mampu menjadi instan Wifi atau Hotspot dengan menggunakan fitur tethering, dengan memanfaatkan teknologi Peer to Peer(P2P).

  4. Reliability


    Adalah jaringan komputer yang memiliki kemampuan yang diandalkan di dalam jaringan komputer dimana keandalan ini dapat diartikan bahwa paket data yang di kirimkan oleh pengirim akan sampai dengan baik kepada penerima.
    Contoh : Transmisi paket data

SUMBER :

Jaringan komputer adalah hubungan dari sejumlah perangkat yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain.Perangkat yang dimaksud mencakup semua jenis perangkat komputer antara lain komputer desktop,smartphone,notebook,pc tablet) dan perangkat penghubung seperti router,switch,modem dan hub).

Jadi logikanya jika kita menyebutkan “jaringan komputer” ,akan terdapat minimal 2 buah komputer atau perangkat yang saling terhubung satu sama lain.

Menurut Forouzan di dalam bukunya yang berjudul Computer Network A Top Down Approach, disebutkan bahwa jaringan komputer adalah hubungan dari sejumlah perangkat yang dapat berkomunikasi satu sama lain.

SYARAT-SYARAT JARINGAN KOMPUTER

Berdasarkan definisi mengenai jaringan komputer,maka untuk dapat disebut sebagai sebuah jaringan komputer,terdapat 4 syarat yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Minimal terdapat 2 buah perangkat/komputer yang saling terhubung.Hubungan ini dapat menggunakan sarana kabel (wired) ataupun nirkabel/tanpa kabel (wireless)
  2. Terdapat pengguna di dalamnya yang berinteraksi dengan pengguna lainnya maupun terhadap layanan dan penyedia layanan.
  3. Terdapat data yang dipertukarakan di dalamnya.Selain data juga terdapat konten (teks,multimedia) maupun informasi (hasil pengolahan data).
  4. Terdapat pemakaian secara bersama-sama (sharing) terhadap perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)

SIFAT-SIFAT DASAR JARINGAN KOMPUTER
1. Scalability
Scalability memiliki arti kemampuan untuk dapat diskalakan, maksudnya jaringan komputer dapat diskalakan dengan kebutuhan pengguna jaringan komputer.

image

Jaringan komputer mampu menghilangkan batasan-batasan geografis. Ini berarti bahwa dua buah pengguna atau lebih dari jaringan komputer dapat saling terhubung secara digital (online) tanpa terkendala jarak (misalkan beda pulau, benua, negara).

Contoh jaringan komputer mampu menghilangkan batasan secara geografis, sehingga bisa terhubung melalui internet meskipun dengan jarak yang jauh.

2. Resource Sharing
Resource sharing memiliki arti berbagi sumber daya, maksudnya jaringan komputer dapat digunakan untuk saling berbagi dan memakai secara bersama-sama segala sumber daya yang ada.
image
Contoh pemakaian bersama layanan cloud computing untuk jenis layanan SAAS (Software As A Service), misalnya Google Docs.

3. Connectivity
Connectivity memiliki arti mudah terhubung dan terhubungkan, maksudnya jaringan komputer memiliki sifat untuk mudah dihubungkan ke semua pengguna komputer serta pengguna komputer itu sendiri juga dapat dengan mudah terhubung ke dalam jaringan komputer yang tersedia.
image
Contoh saat ini smartphone sudah mampu menjadi instan Wifi/Hotspot melalui tethering, memanfaatkan teknologi Peer to Peer(P2P).

4. Reliability
Realiability memiliki arti keandalan. Hal ini berarti bahwa jaringan komputer memiliki kemampuan untuk dapat diandalkan di dalam jaringan komputer. Keandalan disini dapat diartikan bahwa paket data yang dikirimkan oleh pengirim akan sampai dengan baik di sisi penerima.
image
Keandalan yang makin tinggi di jaringan komputer akan memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi para pengguna jaringan komputer.

SUMBER :slight_smile: