Apa saja sebenarnya cara untuk menciptakan product roadmap yang Agile ?

Untuk menciptakan product roadmap yang Agile sebenarnya bisa dilakukan dengan 4 cara. Apakah saja itu ?

  1. Mengidentifikasi kebutuhan produk tangkas Anda
    Saat pertama kali membuat peta jalan produk Anda, kemungkinan Anda akan mulai dengan persyaratan tingkat tinggi yang besar. Persyaratan pada peta jalan produk Anda kemungkinan besar berada pada dua tingkat yang berbeda:
    • Tema adalah kelompok fitur dan persyaratan logis pada tingkat tertinggi mereka.
    • Fitur adalah bagian produk pada tingkat yang sangat tinggi. Fitur menggambarkan kemampuan baru yang dimiliki pelanggan setelah fitur selesai.

  2. Mengatur fitur produk tangkas
    Setelah mengetahui fitur persyaratan produk Anda, Anda bekerja dengan tim pengembang untuk mengelompokkan persyaratan ke dalam tema. Pertemuan pemangku kepentingan bekerja dengan baik untuk mengelompokkan persyaratan, sama seperti bekerja untuk menciptakan persyaratan. Anda dapat mengelompokkan fitur menurut aliran penggunaan, kesamaan teknis, atau kebutuhan bisnis.

  3. Memperkirakan dan memesan fitur produk tangkas
    Setelah Anda mengidentifikasi persyaratan produk Anda dan mengatur persyaratan tersebut ke dalam kelompok logis, Anda memperkirakan dan memesan persyaratan. Beberapa istilah yang perlu Anda ketahui untuk langkah ini meliputi:
    • Upaya adalah kemudahan atau kesulitan untuk menciptakan persyaratan tertentu.
    • Angka , sebagai kata benda, dapat berupa angka atau deskripsi yang Anda gunakan untuk mengungkapkan perkiraan kebutuhan suatu persyaratan.
    • Memperkirakan sebuah persyaratan, sebagai kata kerja, berarti mengemukakan gagasan perkiraan seberapa mudah atau sulitnya persyaratan untuk dibuat.
    • Memesan, atau memprioritaskan, persyaratan untuk menentukan nilai kebutuhan itu sehubungan dengan persyaratan lainnya.
    • Nilai berarti betapa menguntungkan suatu persyaratan produk tertentu bagi organisasi yang menciptakan produk itu.

  4. Menentukan kerangka waktu tangkas tingkat tinggi
    Saat pertama kali membuat peta jalan produk Anda, kerangka waktu Anda untuk melepaskan persyaratan produk berada pada tingkat yang sangat tinggi. Untuk peta jalan awal, pilihlah kenaikan waktu logis untuk proyek Anda, seperti jumlah hari, minggu, bulan, kuartal tertentu (periode tiga bulan), atau peningkatan yang lebih besar lagi. Dengan menggunakan kedua persyaratan tersebut, Anda dapat menambahkan persyaratan ke setiap kenaikan waktu.

Referensi : https://id.popularhowto.com/four-steps-to-creating-an-agile-product-roadmap