Apa saja sayuran yang bisa hidup ditanah saat musim kemarau? Dan bagaimana perawatan yang tepat?

Mohon maaf kakak-kakak sekalian mohon bantuannya, hehe … di musim kemarau ini tentu persediaan air lebih sedikit dibandingkan musim penghujan, nah kira-kira sayuran apa saja ya yang bisa hidup dan tumbuh dengan baik di musim kemarau ini? Dan bagaimana perawatan yang tepat untuk tanaman itu?
Terimakasih atas jawabannya…

2 Likes

Izin membantu jawab kak, beberapa tanaman yang bisa ditanam saat musim kemarau seperti; tomat, lada, melon, bawang, wortel, bayam, ubi jalar, mentimun, kentang, hingga kacang tanah ataupun kacang hijau. Perawatan yang dilakuka untuk bertani di musim kemarau dengan cuaca dingin seperti ini, melakukan penyemprotan anti hama pada tanaman harus dilakukan. Jika tidak, akibatnya hama justru akan lebih merajalela. Memotong tanaman-tanaman yang sudah terserang hama juga bisa menjadi salah satu solusi. Potong bagian yang terserang hama, kumpulkan pada satu tempat yang jauh dari lahan pertanian, lalu bakar atau disiram larutan insektisida.

Sumber : https://msmbindonesia.com/ini-tanaman-yang-tepat-untuk-ditanami-di-musim-kemarau/

1 Like

Pada musim kemarau, disamping persediaan air cenderung menurun di beberapa wilayah tapi sisi positifnya adalah cahaya matahari sebagai bagian dari fotosintesis tentunya melimpah. Tanaman-tanaman C4 seperti jagung, padi, sorgum, dan Famili Poaceae (padi-padian) memiliki karakteristik yang relatif tahan terhadap cahaya matahari yang berlimpah dan malah akan tumbuh sangat baik paada musim kemarau.

Saya pernah praktikum di semester ganjil yang lalu dan kebetulan saat itu kemarau yang cukup ekstrem di Bandar Lampung. Panasnya sangat terik, dan saya menanam jagung sebagai tanaman praktikum. Hasilnya sangat baik, hanya saja perlu diperhatikan ketersediaan air saat bunga sudah mulai muncul. Air tidak boleh telat diberikan agar buah jagung tidak “ompong”.

Untuk jarak tanamnya yaitu 20 cm × 70 cm. Pupuk yang diberikan dapat berupa Urea 200-300 kg/ha, Kcl 100 kg/ha, dan TSP atau SP36 100 kg/ha. Pemupukan KCl dan TSP dilakukan sekaligus pada 7 hari setelah tanam. Sedangkan, pemupukan urea baiknya dilakukan 2 kali dengan cara dosis dibagi 2. 1 bagian diaplikasikan bersama KCl dan TSP dan 1 bagian lagi diberikan 2 minggu setelah pemupukan pertama.

Hama utama adalah ulat grayak yang dapat dikendalikan dengan insektisida bila jumlahnya banyak. Sedangakn penyakit utama antara lain penyakit bulai jagung yang juga dapat dikendalikan dengan fungisida. Namun demikian, pestisida bukanlah satu-satunya nya cara untuk mengendalikan hama penyakit. Masih ada cara lainnya seperti penggunaan agensia hayati, mekanis, dan lain lain.

1 Like

Saat musim kemarau persediaan air akan semakin menipis, hal tersebut menjadi salah satu kendala petani dalam mengolah lahan pertaniannya. Petani harus merancang strategi khusus ketika musim kemarau datang agar tanaman terutama sayuran harus diperhatikan. Di Indonesia terdapat dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau, dengan adanya dua musim ini petani harus pandai memperkirakan tanaman apa yang cocok untuk ditanam.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju dan berkembang khususnya di bidang IT, salah satunya saat ini telah ada aplikasi berbasis android guna menentukan jenis tanaman sayuran yang tepat ditanam pada musim yang ada di Indonesia.

Data atau parameter yang didapatkan berdasarkan catatan musim terdahulu. Dari data yang dijadikan parameterakan dihasilkan klasfikasi dan hubungan antara data yang satu dan data yang lain sehingga pada hasil akhir akan didapatkan solusi tanaman pangan yang sebaiknya dibudidayakan pada masa tanam sesuai dengan kondisi musim agar tanaman yang dibudidayakan dapat menghasilkan produksi yang tinggi.

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dibuatlah sistem prediksi penentuan jenis tanaman sayuran berdasarkan kondisi musim dengan pendekatan metode trend moment.

Di dalam sistem admin dapat mengolah data testing, dan data kategori dengan cara berhasil form terlebih dahulu. Gunanya pengolahan data ini agar sistem selalu update dan selalu dapat digunakan oleh pengguna sistem yaitu petani. Sedangkan petani hanya dapat melakukan analisa dan petani dapat menerima hasil analisa yang dilakukan. Hasil analisa ini nantinya berupa rekomendasi jenis tanaman sayuran yang paling tepat ditanam berdasarkan kondisi musim. (Ardiana A dan Amak Yunus EP, 2015)

Tanaman yang cocok ditanam saat musim kemarau adalah :

  1. Bawang merah, waktu tanam bawang merah yang baik adalah pada musim kemarau dengan ketersediaan air pengairan yang cukup yaitu pada bulan April atau Mei setelah padi dan bulan Juli atau Agustus. Penanaman bawang merah pada umumnya di tanam pada lahan sawah bekas padi.
  2. Bayam : waktu tanam bayam yang terbaik pada musim kemarau antara bulan Maret sampai dengan April.
  3. Petsai : tanaman ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh pada dua musim yaitu penghujan dan kemarau
  4. Kubis : Waktu tanam yang baik pada awal musim hujan atau awal musim kemarau. Namun kubis dapat ditanam sepanjang tahun dengan pemeliharaan lebih intensif.
    (Makruf E dan Heryan I, 2015)

Sumber :
Ardiana Awalia dan Amak Yunus EP. 2015. Sistem Prediksi Penentuan Jenis Tanaman Sayuran Berdasarkan Kondisi Musim dengan Pendekatan Metode Trend Moment. Universitas Kanjuruhan Malang
Makruf Eddy dan Heryan Iswadi. 2015. Kumpulan Informasi Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu : Badan Penelitian dan Pengembanngan Pertanian Kementrian Pertanian

1 Like