Apa saja ruang lingkup dari seorang manajer produk?


Manajer Produk adalah salah satu bagian bidang manajemen yang berperan dalam mengkoordinasi dan mengendalikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan yaitu membuat sebuah produk dengan lebih efektif dari berbagai aspek. sehingga ruang lingkup apa saja yang untuk seorang manajer produk?

Manajer Produksi memiliki ruang lingkup yang dibagi menjadi 3 kategori keputusan atau kebijakan utama yang tercakup didalamnya, yakni:

-Keputusan atau Kebijakan Mengenai Desain
Dalam hal in, desain tergolong tipe keputusan berjangka panjang atau dalam arti luas meliputi penentuan desain produk yang akan dihasilkan, desain lokasi atau tata letak pabrik, desain atas kegiatan pengadaan masukan yang diperlukan, desain atas metode dan teknologi pengolahan, desain atas organisasi perusahaan dan desain atas job description dan job specification.

-Keputusan atau Kebijakan Mengenai Proses Transformasi (Operations)
Keputusan operasi berjangka pendek, hal ini juga berkaitan dengan keputusan taktis dan operasional. Di dalamnya mencakup jadwal produksi, gilir kerja (Shift) dari personal pabrik, anggaran produksi, jadwal penyerahan masukan ke sub sistem pengolahan dan jadwal penyerahan keluaran ke pelanggan atau penyelesaian produk.

-Keputusan atau Kebijakan Perbaikan Terus Menerus Dari Sistem Operasi
Sifatnya yang berkesinambungan atau terus menerus, maka kebijakan ini bersifat rutin. Kegiatan yang tercakup didalamnya meliputi perbaikan terus menerus mutu keluaran (output), keefektifan dan keefesiensian sistem, kapasitas dan kompetensi para pekerja, perawatan sarana kerja (mesin), serta perbaikan terus menerus atas metode penyelesaian atau pengerjaan produk.

Referensi

Pengertian Manajemen Produksi, Fungsi, Ruang Lingkup dan Tahapan Manajemen Produksi