Apa Saja Ritual Kecantikan Untuk Ibu Hamil?

Dalam masa kehamilan, para wanita kerap kali mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti mual, maag, bahkan jerawat. Mereka juga rentan terserang penyakit, sehingga perlu berhati-hati terhadap berbagai hal yang masuk ke tubuh, baik itu makanan maupun produk kecantikan. Apa saja ritual kecantikan yang aman untuk ibu hamil?

Ritual kecantikan untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan:

1. Memakai produk kecantikan dengan kandungan kimia

Ada begitu banyak jenis bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan, salah satunya retinoid. Bahan ini berfungsi untuk mencegah keriput, jerawat, dan juga stretch marks. Sayangnya, retinoid ini sangat berbahaya untuk janin dalam kandungan. Neal Schultz, seorang dermatologist dari New York, menyarankan untuk menghindari bahan-bahan yang berisiko terhadap kehamilan seperti halnya retinoid.

Anda perlu lebih jeli dalam memilih produk kecantikan pada saat hamil. Ada beberapa produk yang meski mengandung bahan kimia, namun dalam jumlah yang wajar sehingga tak akan menimbulkan efek apapun jika digunakan dengan dosis yang tepat. Cobalah produk yang berbahan natural dan tidak mengandung wewangian seperti philosophy.

2. Penggunaan salicylic acid

Beberapa produk jerawat mengandung salicylic acid yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Namun, jika diminum, dapat mengakibatkan komplikasi dan kelainan pada janin. Namun, menurut Dr. Schultz, penggunaan 1 hingga 2% dapat digunakan sebagai obat topikal hanya jika Anda mengalami jerawat yang parah.

Untuk kandungan yang lebih aman, gunakan produk berbahan glycolid acid atau tea tree oil yang aman untuk wanita hamil.

3. Manicure dan pedicure

Mengecat kuku relatif aman dilakukan saat hamil karena bahan kimia tidak akan masuk ke dalam cairan darah. Namun, perhatikan saat Anda melakukan manicure ataupun pedicure. Memotong kutikula dan kulit ari ada area kuku akan meningkatkan risiko infeksi dan luka yang beresiko pada kehamilan.

4. Mewarnai rambut

Melakukan pewarnaan pada rambut selama masa kehamilan merupakan hal yang sangat kontroversial. Menurut Jennifer Ashton, seorang penulis dan juga kontributor sebuah portal kesehatan terkemuka di New Jersey, banyak sekali produk pewarna rambut yang mengandung bahan karsinogen penyebab kanker.

5. Waxing

Waxing bisa memicu infeksi jika tidak dilakukan secara tepat. Infeksi kecil pada wanita hamil bisa berdampak buruk untuk kesehatan janin. Maka dari itu, Dr. Schultz menyarankan Anda untuk menghindari salon yang tidak bersih dan melakukan double wax.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/5-ritual-kecantikan-untuk-ibu-hamil/