Apa Saja Risiko Transplantasi Ginjal?

Transplantasi ginjal adalah prosedur operasi untuk memindahkan ginjal yang sehat dari satu orang (donor) ke tubuh orang lain yang memiliki masalah ginjal. Apa Saja Risiko Transplantasi Ginjal?

Sama dengan prosedur medis lainnya, transplantasi ginjal tidak bebas dari risiko. Tapi, seiring berkembangnya dunia kesehatan, risiko telah menurun. Peluang bahaya mungkin datang dari prosedur itu sendiri, pengobatan penekan imun, atau kelainan pada ginjal baru.

Sebagian besar komplikasi dapat terjadi dalam beberapa bulan pertama sesudah prosedur dilakukan atau baru terjadi setelah beberapa tahun. Komplikasi yang dapat terjadi di antaranya:

Penolakan tubuh terhadap ginjal baru
Infeksi parah
Perdarahan
Reaksi terhadap anestesi (obat bius) saat operasi
Kegagalan ginjal yang diterima
Kematian
Risiko ini berbeda-beda pada setiap orang. Tim medis yang menanganimu akan menjelaskan apa saja risiko yang diakibatkan oleh prosedur ini serta memberikan penanganan untuk mengurangi risiko yang mengintai.

Komplikasi bisa berupa jangka pendek atau jangka panjang tergantung pada keadaanmu. Kamu mungkin akan membutuhkan lebih dari sekali transplantasi. Tetapi, sebagian besar orang yang sukses menerima transplantasi memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak menjalani transplantasi.