Apa saja Resep Masker dari Bahan Rumahan?

image

Apa saja Resep Masker dari Bahan Rumahan?

Masker Cokelat dan Madu


Punya banyak cokelat dirumah? Yuk coba jadikan masker! Hanya dengan ditambah madu, cokelat yang kamu punya sudah bisa berfungsi sebagai masker wajah loh. Manfaatnya Banyak sekali, mulai dari melembapkan hingga mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya yaitu dengan:

  1. Campur 1 sendok makan bubuk coklat, 1 sendok makan madu, dan air secukupnya, lalu aduk rata
  2. Oleskan di seluruh bagian wajah kecuali daerah sekitar mata
  3. Diamkan selama 15-20 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Masker Madu


Madu mengandung zat anti bakteri alami sehingga baik untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat. Zat anti bakteri yang terkandung dalam madu juga baik untuk mengatasi iritasi dan berperan sebagai anti inflamasi pada kulit. Selain itu, madu juga dapat memberikan kelembapan agar kulit kamu terlihat glowy tanpa kesan berminyak. Untuk membuat masker madunya, kamu dapat mengoleskan raw honey pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker Madu dan Lemon


Lemon juga ternyata memiliki khasiat bagi kulit karena memiliki kandungan anti bakteri dan juga dapat berfungsi sebagai exfoliator kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Tetapi hati-hati ya, karena sifatnya yang asam, lemon dapat menyebabkan iritasi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Kamu bisa mencampur air lemon dengan sedikit air untuk mengurangi keasamannya. Cara membuatnya yaitu:

  1. Campur perasan ½ lemon dan 2 sendok makan madu, aduk rata (tips: kamu dapat mengencerkan lemon dengan menambah air terlebih dahulu pada perasan lemon sebelum dicampur madu)
  2. Oleskan masker ke bagian wajah. Hindari daerah dekat mata ya!
  3. Diamkan selama 20 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Masker Oatmeal


Kabar baik bagi kamu yang suka makan oatmeal karena selain untuk sarapan, oatmeal yang kamu punya bisa juga dimanfaatkan sebagai masker wajah. Oatmeal terkenal dengan khasiatnya untuk membersihkan dan melembapkan kulit. Resep sederhana masker oatmeal yaitu:

  1. Campur 5 sendok makan oatmeal dengan air hingga berpentuk pasta
  2. Oleskan ke seluruh bagian wajah kecuali daerah dekat mata
  3. Diamkan selama 20 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Masker Yogurt dan Madu


Yogurt mengandung lactic acid , zat yang berperan untuk mengangkat sel kulit mati di kulit. Yogurt juga dapat membantu melawan jerawat serta mencegah penuaan dini dengan mengurangi pembentukan keriput di wajah. Cara membuat masker ini cukup mudah, yaitu dengan cara:

  1. Campur 2 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan madu dan diaduk rata
  2. Oleskan di seluruh bagian wajah kecuali daerah sekitar mata
  3. Diamkan di wajah selama kurang lebih 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Memiliki kulit wajah yang bersih dan terjaga adalah idaman semua wanita. Untuk melakukan perawatan pada kulit wajah dapat menggunakan bahan-bahan alami dari bahan rumahan, seperti :

1. Masker jerawat

Jerawat dianggap sebagai masalah kulit yang paling umum di Amerika Serikat. Jerawat berkembang ketika minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri menyumbat pori-pori, dan jerawat termasuk komedo, jerawat, nodul, dan kista. Protein dalam putih telur, dapat membantu membunuh bakteri pada kulit dan membantu menghilangkan jerawat.

Bahan:
2 hingga 3 putih telur

Instruksi:

  • Pisahkan putih telur dari kuning telur, dan tempatkan putih telur dalam mangkuk.
  • Celupkan kapas ke dalam mangkuk dan oleskan putih telur di wajah Anda.
  • Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit.
  • Cuci dengan kain lembab dan oleskan pelembab.

2. Masker hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi pasca-inflamasi mengacu pada area kulit yang gelap sering karena jerawat, usia, atau kerusakan akibat sinar matahari. Perawatan dermatologis dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi, tetapi mereka cenderung mahal. Anda dapat menghemat uang dan meratakan warna kulit Anda dengan masker kunyit, yang juga mengurangi peradangan.

Bahan:

  • 1/2 sdt. bubuk kunyit
  • 1 hingga 2 sdm. madu mentah

Instruksi:

  • Campur semua bahan dalam mangkuk untuk membuat pasta.
  • Pijat lembut pasta di wajah Anda.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air hangat.

3. Masker untuk menghilangkan pori-pori yang tersumbat

Oatmeal dan baking soda memiliki sifat pengelupas, yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Bahan:

  • 2 sdt. havermut
  • 1 sendok teh. soda kue

Instruksi:

  • Campurkan oatmeal dan baking soda dalam mangkuk. Perlahan tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta.
  • Pijat lembut pasta di wajah Anda dan biarkan mengering.
  • Cuci bersih dengan air hangat dan oleskan pelembab.

4. Masker untuk kulit berminyak

Kulit berminyak terjadi ketika pori-pori Anda menghasilkan terlalu banyak sebum, minyak kulit alami. Minyak dapat menyumbat pori-pori, memicu jerawat dan peradangan. Pisang dapat membantu menyerap minyak pada kulit, sedangkan lemon membantu membersihkan pori-pori.

Bahan:

  • 1 pisang
  • 10 tetes jus lemon
  • 1 sendok teh. minyak zaitun extra virgin

Instruksi:

  • Hancurkan pisang dalam mangkuk. Tambahkan jus lemon dan minyak zaitun untuk membuat pasta cair.
  • Oleskan masker di wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan air hangat.

5. Masker untuk kulit kering

Masker wajah yang menghidrasi dapat membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban dan mengurangi rasa kusam dan gatal.

Bahan:

  • Setengah mentimun
  • 2 sdm. gel lidah buaya

Instruksi:

  • Blender mentimun dan kombinasikan dengan gel lidah buaya.
  • Pijat lembut pasta di wajah Anda.
  • Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan air.

6. Masker untuk kulit keriput

Perawatan wajah secara teratur dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, dan membuat kulit lebih kencang dan kencang. Gunakan alpukat dan bubuk kakao untuk merangsang produksi kolagen, dan madu untuk melembabkan dan melembutkan kulit.

Bahan:

  • 2 alpukat
  • 1 sendok teh. madu mentah
  • 2 sdm. bubuk kokoa

Instruksi:

  • Hancurkan alpukat dalam mangkuk, lalu tambahkan bubuk cokelat dan madu.
  • Pijat wajah Anda dengan lembut.
  • Diamkan selama 20 menit lalu basuh dengan air hangat.

Perawatan wajah tak melulu harus dengan bantuan dermatolog di klinik. Dalam kondisi tertentu, perawatan wajah bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang diracik menjadi masker alami

Masker dari bahan alami juga bisa memberi efek seperti skincare yang dibeli di drugstore. Kuncinya, pahami kondisi dan jenis kulit lalu kenali bahan yang akan digunakan, apa manfaatnya dan kulit bisa menerima atau tidak.

Berikut ini adalah rangkumkan dari berbagai sumber bahan-bahan alami yang bisa dipakai sebagai masker wajah beserta apa kegunaannya bagi kulit.

1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan kaya akan antioksidan, ini baik untuk menyembuhkan jerawat serta menyamarkan bekas-bekasnya.

2. Kayu Manis

Kayu manis kaya akan antioksidan yang membantu kulit melawan tanda penuaan. Gunakan sebagi masker wajah untuk memanfaatkan sifat antiinflamasi, antimikroba dan antiseptiknya juga membantu melawan jerawat.

3. Tomat

Kaya akan antioksidan, tomat mampu melawan radikal bebas yang menerpa kulit. Vitamin C dan potassion di dalamnya juga akan membuat kulit cerah dan glowing. Jika dikonsumsi atau dijadikan masker dan dipakai rutin, tomat mampu mencegah jerawat serta komedo.

4. Kopi

Kopi juga kaya akan antioksidan. Pakai kopi sebagai eksfoliator atau masker, ini bisa membantumu mengatasi jerawat, dark circle, bahkan tanda-tanda penuaan.

5. Minyak Cendana

Mengaplikasikan minyak cendana di wajah bermanfaat untuk mencegah jerawat, kulit terbakar matahari, juga melembapkan kulit. Untuk tipe kulit berminyak, minyak cendana ini akan amat membantu!

6. MinyaK Almond

Minyak almon kaya akan antioksidan seperti vitamin E, yang ampuh mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Vitamin A dalam minyak almond membantu mengatasi jewarat.

7. Madu

Untuk masalah jerawat dan bekas-bekas yang ditinggalkannya, madu juga bisa diandalkan karena punya sifat antiinflamasi dan antibakteri.