Apa saja rancangan busana dari rumah mode Coco Channel yang luar biasa ?

perancang_busana

(wilmaeen) #1

Gabrielle Bonheur "Coco" Chanel

Gabrielle Bonheur “Coco” Chanel (19 Agustus 1883 - 10 Januari 1971) adalah perancang mode Perancis dan seorang wanita bisnis. Dia adalah pendiri dan nama dari merek Chanel. Chanel mendapatkan namanya di era pasca Perang Dunia I dengan membebaskan wanita dari batasan “siluet korset” dan mempopulerkan gaya sporty, kasual chic sebagai standar gaya feminin. Pencipta mode yang produktif, Chanel memperluas pengaruhnya, tidak hanya dalam busana, tetapi juga dalam perhiasan, tas tangan, dan parfum. Chanel No. 5, telah menjadi produk ikonik.

Dia adalah satu-satunya perancang busana yang masuk didalam daftar majalah TIME dari 100 orang paling berpengaruh di abad ke-20. Chanel sendiri yang mendesain logo monogram CC-nya yang terkenal, yang berarti Coco Chanel.

Apa saja rancangan busana dari rumah mode Coco Channel yang luar biasa ?


(Irfanda Mahardhika Hidayat K) #2

1. Little Black Dress

image

Sebagian orang menganggap little black dress adalah busana yang harus ada di dalam lemari. Dan diakui, setiap perempuan cocok mengenakannya. Chanel membuat model little black dress pada 1926. Majalah Vogue Amerika menyebutnya ‘gaun Chanel Ford’ yang bermakna perempuan di seluruh dunia akan memakainya.

Penemuan ini terbilang mendongkrak pakem karena pada saat itu, warna hitam biasanya dikenakan saat berkabung. Secara pribadi, Chanel memang mengagumi warna hitam yang dianggap mewakili masa kecilnya yang dihabiskan sebagai yatim piatu di sebuah biara di Aubazine.

2. Busana kerja wanita

Busana kerja wanita coco channel

Chanel mulai merancang pakaian kerja yang layak bagi perempuan pada awal 1930-an. Dia memperkenalkan setelan tweed klasik pada 1954. Tiga tahun kemudian, Chanel merilis sepatu perempuan slingback pump dua warna. Hitam di bagian ujung kaki, dan sisanya warna nude sampai sepanjang kaki.

3. Tas

Chanel tas 2.55

Pada 1955, Chanel merilis tas 2.55 yang namanya berasal dari bulan dan tahun pembuatan: Februari 1955. Tas ini sederhana namun terlihat mewah berlapis kulit, beraksen rantai emas panjang memungkinkan wanita membebaskan tanganya. Desain ini menginpirasi rumah mode seperti Christian Dior, Hermes, dan Chloé.