Apa saja ragam penyakit akibat virus dan bakteri?

Kedua mikroorganisme ini bisa menyebabkan ragam penyakit mulai dari akut, kronis hingga dorman sementara yang bisa kambuh di kemudian hari. Beberapa penyakit ini bahkan memiliki cara penyebaran hingga gejala serupa. Apa saja ragam penyakit akibat virus dan bakteri?

Gejala penyakit akibat virus dan bakteri cukup serupa. Beberapa bahkan bisa saja disebabkan oleh virus atau bakteri. Berikut adalah beberapa kondisi yang disebabkan oleh virus dan bakteri atau keduanya untuk membantu mengenali penyakitmu.

Penyakit Akibat Virus : Influenza, cacar air, polio, hepatitis A dan B, rubella (campak jerman), SARS (severe acute respiratory syndrome), campak, ebola, HPV (Human papillomavirus), herpes, rabies, HIV
Penyakit Akibat Bakteri : Radang tenggorokan, tuberkulosis, infeksi saluran kemih, keracunan makanan (umumnya akibat Escherichia coli), infeksi telinga, infeksi akibat luka, gonore.
Penyakit Akibat Virus atau Bakteri : Pneumonia, meningitis, diare
Bila kamu tidak yakin organisme mana yang menjadi penyebab penyakitmu, segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter dapat membantu menentukannya melalui tes fisik serta bantuan riwayat medismu.

Semakin memastikan diagnosis, tes darah atau urin hingga biopsi (pengambilan sampel jaringan tubuh) juga mungkin dilakukan.