Apa saja proses yang dilewati sebelum film siap untuk ditayangkan?


Sebelum film ditayangkan di media penayangan, ada serangkaian proses yang dilalui. Tahukah kamu proses apa sajakah itu?

Ada 5 proses dalam tahap produksi film, yaitu:
Tahap Development
Pada tahap ini, produser menemukan sebuah cerita, yang mungkin berasal dari sebuah buku, permainan, film lain, kisah nyata, ide asli, dll. Setelah mengidentifikasi tema atau pesan yang mendasarinya, produser bekerja sama dengan scriptwriter untuk menyiapkan sinopsis. Selanjutnya mereka membuat garis besar yang memecah cerita ke dalam satu paragraf adegan yang berkonsentrasi pada struktur dramatis. Kemudian, mereka menyiapkan treatment, 25 sampai 30 halaman deskripsi cerita, suasana, dan karakter. Hal ini biasanya hanya memiliki sedikit dialog dan arah ekpresi, tetapi sering mengandung gambar yang membantu memvisualisasikan poin kunci. Cara lain adalah untuk menghasilkan scriptment sekali sinopsis diproduksi.

Selanjutnya, scriptwriter menulis skenario selama beberapa bulan. Skenario dapat ditulis ulang beberapa kali untuk meningkatkan dramatisasi, kejelasan, struktur, karakter, dialog, dan gaya keseluruhan. Namun, produser sering melewatkan langkah-langkah sebelumnya dan mengembangkan skenario yang diajukan investor, studio, dan pihak lain yang berkepentingan menilai melalui proses yang disebut script coverage. Seorang distributor film dihubungi pada tahap awal untuk menilai pasar dan kesuksesan finansial potensi film tersebut.

Para produser dan scriptwriter menyiapkan treatment dan menyampaikannya kepada pemodal yang berpotensial. Jika ini berhasil, film ini akan menerima ‘lampu hijau’, yang berarti seseorang menawarkan dukungan keuangan; biasanya sebuah studio film besar, dewan film, atau investor independen. Pihak yang terlibat menegosiasikan kontrak kesepakatan. Setelah semua pihak telah bertemu dan kesepakatan telah ditetapkan, film ini mungkin melanjutkan ke masa pra-produksi. Pada tahap ini, film harus memiliki strategi pemasaran yang jelas dan target audience.

Tahap Pra Produksi
Dalam pra-produksi, setiap langkah membuat film ini harus hati-hati dalam merancang dan merencanakannya. Sebuah PH ditetapkan. storyboard dibuat dan divisualisasikan dengan bantuan ilustrator dan seniman konsep. Anggaran produksi disusun untuk merencanakan pengeluaran untuk film. Untuk produksi utama, asuransi diperoleh untuk melindungi terhadap kecelakaan.

Produser mempekerjakan kru. Sifat dari film dan anggaran menentukan ukuran dan jenis yang digunakan selama pembuatan film. Banyak film Hollywood mempekerjakan ratusan pemain dan kru. Kalau anggaran rendah, film indie dapat dilakukan oleh kru terdiri dari 8 atau 9 (atau kurang).

Tahap Produksi
Dalam produksi, produksi video/film dibuat. Kru lebih akan direkrut pada tahap ini, seperti master properti, script supervisor, asisten Sutradara, fotografer (stills), editor gambar, dan editor suara. Ini hanya peran yang paling umum dalam pembuatan film; PH akan bebas untuk menciptakan perpaduan unik dari peran yang sesuai dengan berbagai tanggung jawab selama produksi film. Hari Shooting seperti biasa dimulai dengan kru tiba di set/lokasi dengan waktu panggilan mereka. Para artis biasanya memiliki waktu sendiri (panggilan terpisah). Sementara set, rias dan lighting dapat memakan banyak waktu lama, mereka sering diset terlebih dahulu. kru desain produksi biasanya selangkah lebih maju dari kameramen dan Sound Departement: demi efisiensi, sementara scene/adegan sedang difilmkan, mereka sudah mempersiapkan yang berikutnya.

Para aktor berlatih/menghafal script dan blocking dengan sutradara, kru kamera dan soundman berlatih dengan mereka dan membuat tweak akhir. Akhirnya, aksi mereka di syut sebanyak mungkin sesuai keinginan sutradara. Pengambilan scene berakhir ketika sutradara berkata ‘Cut! “, kameramen dan Soundman berhenti merekam.

Jika Sutradara memutuskan mengambil tambahan yang diperlukan, mengulangi seluruh proses. Pengawas script akan mencatat setiap terjadi masalah kontinuitas dan suara dan log tim kamera mencatat secara teknis untuk laporan. Setelah terpuaskan, kru bergerak ke sudut kamera berikutnya sampai seluruh adegan ‘tertutupi’. Saat shooting selesai, asisten sutradara berkata ‘Bungkus/Wrap’ atau ‘Move On/Pindah’ dan kru akan membongkar set untuk adegan itu.

Pada akhir hari, Sutradara menyetujui jadwal syuting hari berikutnya dan laporan kemajuan setiap hari dikirim ke PH (termasuk laporan dari kontinuitas, suara, dan tim kamera). Call Sheet didistribusikan ke para pemain dan kru untuk memberitahukan mereka kapan dan di mana untuk datang untuk Syuting berikutnya. Kemudian, Sutradara, Produser, dan kepala departemen lainnya, dan kadang-kadang para pemain dapat berkumpul untuk menyaksikan hasil rekaman kemarin, yang disebut dailies, dan me-review pekerjaan mereka. Bila seluruh film ini sudah didapat, sudah menjadi kebiasaan untuk PH untuk mengatur Wrap Party dan berterima kasih kepada semua pemain dan kru berkat usaha mereka.

Tahap Pasca Produksi
Di tahap ini, video/film dirakit/diedit oleh editor video/film. Penggunaan video modern dalam proses pembuatan film telah menghasilkan dua varian alur kerja: satu menggunakan sepenuhnya film, dan yang lainnya menggunakan campuran film dan video.

Tahap Distribusi
Ini adalah tahap akhir, di mana film ini dirilis ke bioskop atau untuk konsumen media (DVD, VCD, VHS, Blu-ray) atau download langsung dari penyedia. Film ini di-copy seperti yang diperlukan untuk distribusi ke bioskop. Press Kita, Poster, dan diterbitkan media iklan lainnya dan film diiklankan dan dipromosikan.

Distributor film biasanya merilis sebuah film dengan launching party, pers release, wawancara dengan pers, pemutaran press preview, dan pemutaran film festival. Kebanyakan film memiliki situs web. Film ini tayang di bioskop yang dipilih dan DVD biasanya dirilis beberapa bulan kemudian. Hak distribusi untuk film dan DVD juga biasanya dijual untuk distribusi di seluruh dunia dan Distributor berbagi keuntungan dengan PH.

Sumber: Tahapan Pembuatan Film (Dasar) | Musa Angelo