Apa saja prosedur yang harus dilakukan saat mencabut gigi?

ternyata mencabut gigi tidak bisa dilakukan sembarangan harus sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.gi

prosedur pencabutan gigi sama pada tiap-tiap orang, karena tergantung dari kebutuhan dan kondisi gigi seseorang.
Ada beberapa alasan mengapa gigi harus dicabut. Alasan yang paling umum adalah:

  • Gigi rusak
  • Penyakit gusi
  • Gigi tidak dapat diperbaiki lagi
  • Abses (kumpulan nanah) pada gusi atau di sekitar gigi
  • Gigi yang tidak rata.

Dokter gigi dapat mencabut gigi dalam satu kali kunjungan atau beberapa kali kunjungan. Gigi yang sudah dicabut dapat digantikan dengan gigi palsu atau dibiarkan sedemikian rupa. Mintalah saran kepada dokter gigi untuk yang terbaik.

Persiapan pencabutan gigi
Dokter gigi akan memeriksa Anda terlebih dahulu, seperti bertanya mengenai riwayat kesehatan gigi dan riwayat kesehatan Anda secara umum, selain tentunya dengan memeriksa gigi Anda. Jangan lupa juga untuk memberitahukan kepada dokter gigi apabila Anda mengalami alergi terhadap sesuatu, seperti obat-obatan. Hal ini akan menjadi pertimbangan dokter gigi dalam melakukan prosedur pencabutan gigi atau untuk pemberian resep setelahnya.Pencabutan gigi biasanya dilakukan dengan anestesi (bius) lokal. Anestesi lokal hanya akan memblokir rasa sakit ke gusi, sehingga Anda tetap sadarkan diri. Untuk pasien-pasien yang mengalami kecemasan berlebih, dokter gigi mungkin akan menawarkan obat-obat penenang untuk mengurangi kecemasan untuk memudahkan prosedur pencabutan gigi.

Anestesi umum dalam pencabutan gigi adalah hal yang tidak umum dilakukan. Meskipun bisa saja dilakukan pada orang-orang dengan kondisi tertentu, seperti anak-anak atau orang dewasa yang tidak dapat menerima perintah untuk tetap menjaga kepala atau mulutnya tetap ditempat selama proses pencabutan gigi. Anestesi umum harus dilakukan di rumah sakit. Anestesi umum akan membuat pasien tidak sadarkan gigi selama pencabutan gigi.

Alternatif selain pencabutan gigi
Jika Anda tidak ingin gigi Anda dicabut, beberapa perawatan alternatif tetap tersedia untuk Anda. Namun tetap saja pemilihan perawatan ini masih harus mengacu pada seberapa parah masalah gigi Anda, jika tidak, mungkin pencabutan gigilah yang terbaik dilakukan. Obat penghilang rasa sakit dapat menghilangkan rasa sakit dan bengkak, tapi ini hanya bersifat sementara. Antibiotik dan perawatan saluran akar dapat membantu mengobati infeksi. Gigi yang rusak juga dapat dipasangi mahkota untuk menghindari pencabutan gigi. Namun diskusikan dulu dengan dokter gigi mengenai pilihan perawatan apa yang baik dan efektif untuk Anda.

sumber: https://www.medkes.com/2015/03/prosedur-dan-risiko-pencabutan-gigi.html