Apa Saja Produk Kecantikan yang Sebaiknya Tidak Digunakan Setiap Hari?

Menemukan produk kecantikan yang cocok dengan kulit memang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, biasanya para wanita enggan berpaling jika sudah mendapatkan produk yang dirasa pas dan cocok dengan kulit. Saking sukanya dengan produk tersebut, jadi muncul deh rasa ‘ketagihan’ dan jadi ingin menggunakannya terus menerus.

Face Primer
Face primer merupakan salah satu kunci utama untuk mendapatkan makeup yang flawless dan tahan lama. Namun ternyata, penggunaan produk kecantikan yang satu ini justru malah berpotensi mengganggu kesehatan kulit jika digunakan terlalu sering. Apalagi kalau bahan dasarnya terbuat dari silikon. Kandungan yang satu ini memang juara dalam urusan menghaluskan tekstur kulit dan menjadikan makeup menempel sempurna. Sayangnya, di balik sisi positifnya itu, kandungan silikon juga berisiko menyumbat pori-pori. Bahkan juga dapat menyebabkan jerawat pada sebagian wanita yang berkulit sensitif. Untuk itu, sebaiknya Anda perlu membatasi penggunaan primer agar kulit dapat beristirahat. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan double cleansing ya agar sisa makeup pada wajah benar-benar terangkat sempurna.

Maskara Waterproof
Maskara menjadi salah satu produk andalan wanita untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik. Kebanyakan wanita mencari maskara yang memiliki klaim waterproof dan juga smudgeproof. Klaim waterproof memang terdengar begitu mengasyikan sih ya? Selain sudah pasti tahan lama, produk juga nggak akan luntur meskipun terkena air ataupun keringat. Namun sayangnya, maskara yang waterproof malah dapat membuat bulu mata jadi kering dan mudah rontok, sehingga tidak baik jika digunakan setiap hari. Untuk meminimalisir dampak buruk tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan maskara non-waterproof sebagai base, kemudian gunakan waterproof mascara sebagai lapisan keduanya.

Dry Shampoo
Dry shampoo memang sukses jadi produk penyelamat untuk Anda yang tak sempat keramas atau yang memiliki kondisi rambut mudah berminyak. Namun jika terlalu sering digunakan, produk kecantikan ini justru malah mengakibatkan rambut jadi kering dan berketombe. Jika kondisi seperti ini terus-menerus dibiarkan, lama-lama rambut akan rusak dan mudah patah. Untuk menyeimbangi penggunaan dry shampoo, pastikan Anda selalu mencuci rambut hingga benar-benar bersih. Selain itu, rawat juga dengan menggunakan kondisioner supaya rambut tampak lebih sehat dan kuat dari akar hingga ujungnya.

Deep Conditioner
Berbagai proses styling menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rambut jadi rusak. Oleh karena itu, selain melakukan instant conditioning, kita juga perlu merawat rambut dengan menggunakan deep conditioner. Kalau kondisioner biasa umumnya langsung dibilas setelah didiamkan selama kurang lebih 5-10 menit, deep conditioner justru memerlukan waktu selama kurang lebih 30 menit. Selain itu, Anda juga perlu membungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap untuk memaksimalkan penyerapan produk. Sayangnya, produk ini kurang baik kalau digunakan setiap hari karena dapat menimbulkan ketidakseimbangan pH pada kulit kepala, serta membuat rambut jadi rentan patah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cukup gunakan deep conditioner sebanyak 1-2 kali tiap minggunya.

Face Scrub
Penggunaan face scrub memang baik untuk mengatasi kekusaman serta tekstur yang kasar pada kulit. Namun, produk eksfoliasi ini sangat tidak dianjurkan untuk pemakaian setiap hari. Selain dapat mengikis kulit, scrubing yang dilakukan setiap hari juga menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi. Untuk itu, batasi penggunaanya secara wajar. Cukup lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu. Selebihnya, lakukan double cleansing agar kulit senantiasa sehat, bersih, dan tentunya bebas dari sel kulit mati.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/produk-kecantikan-yang-sebaiknya-tidak-digunakan-setiap-hari/