Apa saja prinsip sistem politik demokrasi?

Austin Ranney mengatakan bahwa demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan yang diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, persamaan politik, konsultasi kepada rakyat, dan pemerintah mayoritas. Sebagai suatu sistem, terdapat beberapa prinsip yang diterapkan pada sistem politik demokrasi. Setiap prinsip ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
image

  1. Kedaulatan rakyat, yaitu kekuasaan dalam membuat keputusan-keputusan pemerintah yang pokok berada pada seluruh rakyat dan tidak pada orang-orang tertentu maupun golongan yang berkuasa.
  2. Persamaan politik, yaitu setiap orang yang menjadi warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan suatu keputusan politik negara.
  3. Konsultasi kepada rakyat, yaitu setiap keputusan mengenai suatu kebijakan yang paling sesuai untuk mewujudkan kepentingan rakyat harus dibuat oleh rakyat sendiri dan tidak oleh penguasa tanpa ada pertanggung jawaban kepada rakyat.
  4. Pemerintah mayoritas, yaitu setiap keputusan yang diambil untuk menentukan suatu kebijakan bagi kepentingan rakyat menurut pendapat yang benar tanpa mengabaikan pendapat yang minoritas. Pihak mayoritas berhak untuk mengambil keputusan, tetapi harus mengingat