Apa saja prinsip didalam pelaksanaan Project Quality Management?

manajemen kualitas

Projek manajemen memastikan bahwa suatu proyek yang dilaksanakan dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan tujuannya. kualitas harus memastikan kepentingan dari project scoop, time, maupun cost. dengan adanya manajemen tersebut dapat membantu organisasi dalam mengatur projek agar waktu pelaksanaan dapat on-time, tidak over budget, dan sesuai standar.

Apa saja prinsip yang perlu di terapkan dalam pelaksanaan Project Quality Management ?

Kualitas untuk mengatur suatu proyek mengacu pada cara bagaimana suatu organisasi atau perusahaan mendapat meningkatkan value yang sesuai keinginan customer. tim projek harus terus mengembangkan pendekatan kualitasnya seiring dengan berkembangnya standar maupun performa dari perusahaan tersebut.

Pelaksanaan quality management berdasarkan e-book yang ditulis oleh Gary L.Richardson yang berjudul Project Management Theory and Practice (second edition) mengatakan bahwa ada empat prinsip utama yang harus diikuti dalam pelaksanaan quality management , antara lain :

  1. Customer satisfaction: diperlukan pemahaman, evaluasi, pendefinisian dan pengaturan akan ekspektasi sehingga requrement dapat dipenuhi

  2. Prevention inspection: mencegah terjadinya kesalahan umum yang memiliki cost jauh lebih kecil dari biaya untuk memperbaiki

  3. Management responsibility: menyediakan sumberdaya untuk menunjang kesuksesan sebuah proyek dan melindungi tim proyek dari gangguan lingkungan sekitar

  4. Continous improvement: mencakup aktifitas PDCA cycle, yaitu plan - do - check - act untuk meningkatkan kualitas manajemen.

sumber :
e-book Richardson, Gary L.2014.Project Management Theory and Practice (second edition).CRC Press
https://books.google.co.id/books?id=s63NBQAAQBAJ&dq=plan+quality+management+teori+menurut&hl=id