Apa Saja Pose-Pose Dasar Fotografi dalam Foto Fashion?

Sekarang ini salah satu profesi yang paling menjanjikan dalam dunia kreatif adalah menjadi fotografer fashion. Menjadi fotografer fashion yang andal dan profesional memang tidak mudah, terutama ketika harus mengarahkan pose pada model.

Pose-pose fotografi dasar apa saja dalam foto fashion ?

1 Like

Berikut adalah pose-pose dasar yang perlu diketahui oleh seorang fotografer fashion:

1. Pose umum

Pose satu ini kurang lebih menjadi pose andalan banyak model dalam fotografi fashion. Dalam pose ini, kamu dapat mengarahkan model untuk berdiri dengan kedua kaki mereka yang bersilang. Pinggul perlu diturunkan sedikit untuk menciptakan efek bergaya. Kedua tangan sang model diarahkan untuk berada di samping badannya dengan bagian atas tangan mengarah ke atas.

2. Pose tangan di pinggang

Siapa tidak mengenal pose ini? Kita dapat melihat banyak model fashion meletakkan tangan mereka saat berada di bagian depan catwalk. Pose ini mengharuskan si model untuk menempatkan kedua atau salah satu tangannya di pinggang. Jari jemari tetap menyatu. Jika ingin menciptakan kesan anggun dan ramping bak jam pasir yang tinggi dan menyempit di bagian tengah, kamu bisa menggunakan pose ini.

3. Pose tangan di belakang punggung

Jika kamu ingin membuat sang model tampak memiliki tekstur yang berbeda dan garis-garis yang menarik untuk diambil fotonya, kamu bisa mengarahkan model untuk berpose dengan kedua tangannya di belakang punggung atau pinggang. Kedua siku cukup diluruskan santai dan bahu rileks.

4. Pose berjalan

Pose ini digunakan saat kamu ingin meniru sebuah gerakan berjalan yang alami. Jenis pose ini dibuat dengan mengarahkan si model untuk menegakkan punggung mereka setinggi mungkin sementara otot perut mereka dikencangkan untuk membuat kesan ramping.

5. Pose lari

Pose ini sering dipakai untuk menciptakan gerakan yang cepat. Sorotan dalam pose ini adalah gerakan anggota badan sang model seperti baik tangan, atau menegangnya otot-otot tubuh saat berlari. Pose ini umum digunakan saat tema pemotretan fashionnya adalah olahraga atau kebugaran.

Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray:

Untuk foto fashion, biasanya digunakan untuk catalog fashion, banyak menggunakan pose-pose yang sederhana dan simpel, tetapi terlihat elegan.

Berikut pose-pose yang direkomendasikan oleh Amy Bebbington, di website ukmodel.

Pose Katalog Fashion


1. Berdiri sedikit diagonal, arahkan rambut ke kanan, angkat lengan kanan Anda dan jari-jari memberikan sentuhan ke rambut Anda dan lihat ke kamera.

2. Silangkan lengan Anda di pinggang Anda, berdiri menyamping, lutut kiri Anda sedikit menekuk, putar badan Anda untuk menghadap ke depan dan memiringkan kepala Anda ke kanan.

pose foto model untuk fashion

3. Berdirilah ke samping dan putar tubuh Anda ke kamera, lilitkan tangan Anda di atas pinggang Anda, maju sedikit dengan kaki kanan Anda dan lihat ke kamera dengan kepala Anda yang mengarah ke bahu kiri Anda.

pose foto model untuk fashion

4. Berdiri menyamping, silangkan lengan kiri Anda ke kanan dan membiarkan lengan kanan Anda berada di paha atas kiri, maju sedikit dengan kaki kanan Anda dan lihat ke kamera dengan kepala Anda melihat sedikit ke bawah.

pose foto model untuk fashion

5. Arahkan badan anda ke samping dan tekuk lengan kiri Anda di lengkungan punggung Anda. Berdiri tegak dan putar kepala Anda ke kamera, miring ke kanan.

pose foto model untuk fashion

6. Silangkan lengan Anda tepat di bawah payudara Anda, berdiri tegak dan putar kepala Anda ke arah kamera.

pose foto model untuk fashion

7. Berdiri lurus ke depan dengan tangan Anda di sisi Anda, miringkan kepala Anda ke kiri dan menatap ke depan.

8. Duduk di kursi, letakkan kepala Anda di lengan kanan, yang didukung oleh lutut tertekuk kanan Anda.

9. Dengan lembut letakkan lengan kanan Anda di lengkungan punggung Anda dengan sedikit bengkok dan santai taruh tangan kiri Anda di kaki kiri yang sedikit ditekuk.

pose foto model untuk fashion

10. Duduklah di bangku dengan kaki Anda melebar. Letakkan kedua tangan di tepi kursi dengan menjaga lengan lurus dan bahu sejajar. Balikkan kepala Anda sedikit masih melihat kamera.

pose foto model untuk fashion

11. Memimpin dengan bahu kiri Anda, dengan lembut menyilangkan lengan Anda tepat di bawah payudara Anda menjaga kepala Anda tetap fokus dan lurus.

12. Duduk di bangku menghadap ke kanan dengan kaki kanan ditekuk. Secara perlahan, letakkan lengan kanan bawah Anda di paha kanan dan letakkan tangan kiri Anda di paha kiri. Ini akan membuat putaran tubuh Anda mengarah sedikit lebih ke arah kamera. Angkat dagu untuk leher yang memanjang.

pose foto model untuk fashion

13. Letakkan kedua lengan di pinggul, silang kaki kiri di atas kanan dan putar kepala sedikit ke kiri dan angkat dagu sambil tetap melihat ke kamera.

pose foto model untuk fashion

Pose High End Fashion


High end fashion akan menuntut siluet yang lebih artistik dan mencolok dengan garis yang kuat. Tujuan mereka adalah untuk menarik perhatian melalui estetika yang mewah dan kuat.

Pose yang diharapkan adalah dinamis, fleksibel dan tidak biasa, desainer lainnya akan memilih visi yang minimal namun kuat melalui leher yang memanjang, mata tajam dan postur yang baik.

Pose-pose ini biasanya diperuntukkan untuk majalah elit seperti Vogue dan Harper’s Bazaar dan desainer papan atas seperti Chanel dan Dior.

1. Putar ke belakang dan lihat kamera dengan memutar tubuh Anda ke kiri. Tekuk lengan kiri dan letakkan tangan di pinggul dengan sangat intens. Istirahatkan pergelangan tangan kanan Anda di pinggul Anda.

2. Hadap ke belakang, putar kepala Anda untuk menghadap ke depan dengan cara memutar ke kamera. Biarkan lengan kanan Anda beristirahat dan angkat lengan kiri Anda untuk menyentuh sisi kepala Anda.

pose foto model untuk fashion

3. Posisikan badan secara diagonal dan melangkah sedikit maju dengan kaki kanan Anda. Letakkan lengan kiri Anda di pinggul sambil melihat ke depan dengan tajam.

pose foto model untuk fashion

4. Duduklah ke samping dan angkat lengan kiri ke dahi Anda menyentuh rambut Anda. Bungkuk sedikit, putar ke kamera, posisikan kepala Anda ke kanan dan sedikit ke bawah.

5. Hadapkan punggung anda ke samping dan putar kepala Anda ke kiri untuk menghadap ke depan dengan meletakkan lengan kiri Anda di bagian bawah punggung Anda. Miringkan kepala Anda ke bawah.

6. Berdiri secara diagonal dan dengan lembut letakkan tangan kanan Anda ke arah dan hampir menyentuh dagu Anda. Posisikan kepala Anda ke bawah dengan sangat lurus ke depan.

7. Berdiri diagonal, letakkan tangan kanan Anda dengan lembut di pinggul kanan dan angkat lengan kiri untuk menyentuh pipi kiri. Putar kepala Anda untuk menghadap kamera.

pose foto model untuk fashion

8. Tempatkan lengan kanan pada bagian bisep kiri dan angkat lengan kiri ke dagu. Miringkan kepala sedikit.

pose foto model untuk fashion

9. Miringkan kepala ke kiri dan angkat kedua lengan untuk menyentuh sisi wajah.

10. Tempatkan lengan kanan Anda pada bisep kiri (biarkan tangan kiri menggantung dengan mudah). Tekuk badan Anda ke belakang sedikit sambil memiringkan kepala ke kanan dan ke bawah.

11. Angkat bahu kiri Anda ke arah wajah Anda, biarkan kepala Anda menghadapinya seolah-olah Anda hampir mencarinya. Angkat lengan kiri Anda dan letakkan ibu jari Anda dengan lembut ke arah mulut yang terbuka.

12. Angkat lengan kanan ke dagu sambil melihat ke dalam kamera.

pose foto model untuk fashion

13. Duduk dengan kaki ditekuk, letakkan tangan di lutut, duduk lurus dan putar kepala ke kanan.

pose foto model untuk fashion