Apa saja pokok kajian dalam Ilmu Ekonomi Lingkungan?

Apa saja pokok kajian dalam Ilmu Ekonomi Lingkungan?

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang membahas tentang perilaku manusia yang berhubungan dengan kegiatan ekonomis seperti produksi, konsumsi dan distribusi, yang dilakukan memenuhi kebutuhan hidupnya demi mencapai kesejahteraan hidup. Apa saja pokok kajian dalam Ilmu Ekonomi Lingkungan?

Dalam ilmu ekonomi ini ada 3 pokok kajian, yaitu :

  1. Degradasi lingkungan serta penyusutan sumber daya alam mengakibatkan kesejahteraan masyarakat berkurang. Hal ini tentunya akan mempengaruhi perekonomian masyarakat, kita ambil contoh terjadinya banjir di lahan pertanian Kabupaten Malang menyebabkan petani gagal panen dan mengalami kerugian hingga puluhan juta.

  2. Penyimpangan atau kesalahan kegiatan perekonomian yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Dalam hal ini badan-badan usaha banyak yang melanggar aturan demi memperbanyak produksi dan memperoleh banyak profit dengan membuka cabang-cabang industri di hutan, dekat sungai dan membuang limbahnya di tempat tersebut. Tentunya hal ini akan merugikan banyak orang.

  3. Solusi masalah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor perekonomian. Dalam hal ini pemerintah bisa menetapkan kebijakan atau hukum yang melindungi lingkungan dari ancaman kerusakan dari proses ekonomi, seperti pajak yang tinggi atau pengurangan subsidi dan lainnya.

Referensi

https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/cabang-cabang-ilmu-ekonomi