Apa Saja Pokok Bahasan Sosiologi?


Setiap cabang ilmu pengetahuan memiliki fokus bahasan sendiri-sendiri. Pokok bahasan dari sosiologi yang sudah diketahui secara umum adalah berkaitan dengan masyarakat.

Apa saja pokok bahasan sosiologi?

Secara umum, pokok bahasan dalam sosiologi dibedakan menjadi empat:

Fakta Sosial

Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut. Fakta terdiri dari kenyataan yang disusun oleh suatu materi-materi yang saling berhubungan dalam bentuk interaksi antar-manusia, jadi sifatnya independen dari subjektivitas manusia.

Tindakan Sosial

Tindakan sosial adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. Jadi, disebut tindakan sosial jika suatu kegiatan dilakukan karena pengaruh atau memengaruhi orang lain. Menulis puisi untuk diri sendiri bukanlah kegiatan sosial. Akan tetapi, jika karya puisi itu dipublikasikan dan memengaruhi orang lain, merangsang pikiran dan tindakan orang lain, menulis puisi merupakan tindakan sosial.

Khayalan Sosiologis

Khayalan sosiologis diperlukan untuk dapat memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia. Khayalan sosiologis merupakan cara untuk memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia. Sebagaimana dikatakan Wright Mills, khayalan sosiologi membantu memahami sejarah masyarakat, riwayat hidup pribadi, dan hubungan antara keduanya. Alat untuk melakukan khayalan sosiologis adalah permasalahan (troubles) dan isu (issues). Permasalahan pribadi individu merupakan ancaman terhadap nilai-nilai pribadi. Isu merupakan hal yang ada di luar jangkauan kehidupan pribadi individu.

Realitas Sosial

Seorang sosiolog harus bisa menyingkap berbagai tabir dan mengungkap tiap helai tabir menjadi suatu realitas yang tidak terduga. Realitas merupakan kumpulan benda-benda dan materi-materi dalam kehidupan yang saling berhubungan dan hubungannya dapat dicari polanya dan penjelasannya.