Apa saja pesona dan keindahan alam di Pantai Timang Gunung Kidul?

Pantai Timang Gunung Kidul

Kalau kamu lagi bermain ke Jogja, jangan lupa mampir ke Gunung Kidul. Selain kamu wajib mencoba berbagai kuliner ekstrim khas Gunung Kidul-nya, tapi di Gunung Kidul juga ada sebuah pantai indah yang wajib masuk ke dalam list-mu, yaitu Pantai Timang Gunung Kidul. Pantai Timang Gunung Kidul merupakan salah satu pantai yang mengelilingi wilayah Gunung Kidul. Apa saja pesona dan keindahan alam di Pantai Timang Gunung Kidul?

Pantai Timang Gunung Kidul ini sebenarnya dibagi menjadi dua areal yang berbeda, yaitu bagian sebelah timur yang merupakan pantai dengan pasir putih bersih, lalu ada pantai bagian barat yang berupa perbukitan batu-batuan yang cukup terjal dan berbatasan langsung dengan laut. Pemandangan yang ditawarkan dari bagian barat pantai ini adalah batu-batuan yang cukup besar di pinggir pantai. Makanya, pantai bagian barat ini dikenal dengan Batu Panjang atau Pulau Panjang atau Pulau Timang.

Pulau Timang Gunung Kidul ini memang bukanlah pulau pada umumnya yang berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Namun, Pulau Timang Gunung Kidul ini tak lebih dari bongkahan batu karang yang besar dengan tebing yang curam. Untuk tiba di Pulau Timang ini, wisatawan harus menggunakan semacam gantole tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang plastik yang kuat sehingga dapat menopang berat badan seseorang yang selanjutnya ditarik dengan tenaga manusia sehingga gantole tersebut dapat bergerak ke arah Pulau Timang.

Dari Pantai Timang, jarak luncur menggunakan gantole ini sekitar 50-100 meter. Karena teknologi yang digunakan juga masih sederhana, terbatas dan juga lintasan yang dilalui cukup menggunjang jantung, perlu mental yang kuat untuk menyeberang ke sana karena sepanjang peluncuran tersebut gantole tersebut hanya mampu menopang berat badan satu orang untuk tiba di Pulau Timang yang meluncur di atas lautan yang dalam dengan ombak yang besar.

Dibalik tingginya perjuangan untuk tiba ke sana, Pulau Timang merupakan tempat yang tepat untuk mencari hasil laut. Makanya, tak heran kalau masyarakat setempat banyak yang menggunakan kereta gantung ini sebagai transportasi untuk mencari hasil laut yang beragam di sana, terutama Lobster. Lobster memiliki nilai jual yang tinggi, makanya merupakan sasaran untuk para penjual.

Pantai Timang Gunung Kidul terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiba ke Pantai Timang, kamu harus melakukan perjalanan dari pusat Yogyakarta sekitar 3 jam. Perjalanan yang panjang memang, tapi, setelah kamu tiba di sana, kamu tidak akan menyesal dengan perjuangan yang telah dilakukan.

Sumber: