Apa saja perubahan yang terjadi pada game Clash of Clans?

Untuk membuat sebuah game yang bisa terus bertahan lama, khususnya game mobile, butuh dedikasi yang matang dari developernya. Termasuk Clash of Clans. Sebagai game yang sudah bertahan kurang lebih 6 tahun, tentu banyak terjadi perubahan.

image

Apa saja sih perubahan yang terjadi pada game Clash of Clans ini?

1 Like

image

Dari artikel yang pernah saya baca, berikut adalah perubahan yang terjadi setelah terjadinya update terbaru kemarin, yaitu :

1. Builder Base

Supercell mengumumkan sebuah update baru untuk Clash of Clans. Update ini bisa dibilang merupakan update terbesar yang pernah dibuat untuk Clash of Clans.

Tak lain adalah dengan adanya fitur Builder Base. Konsep utama pada Builder Base di dalam game ini adalah pada dasarnya, kamu menemukan sebuah petualangan baru di belahan laut lainnya yang selalu dipenuhi oleh kegelapan.

Nah, di sana kamu bisa membangun sebuah desa layaknya desa utama kamu. Tetapi, kerennya adalah kamu bisa mengulang dari nol dengan menggunakan pasukan-pasukan baru, tipe permainan baru, dan juga gedung-gedung baru.

2. Events

Fitur baru di Clash of Clans berikutnya adalah Events. Fitur ini penulis akui sebagai fitur berikutnya yang bikin main Clash of Clash bukan sekedar looting mencari Gold, Elixir, maupun Dark Elixir dengan menggunakan pasukan itu-itu aja.

Pada fitur Events, kamu bisa menjumpai setiap harinya bonus-bonus menarik yang bisa kamu dapatkan setelah menyelesaikan Event bersangkutan. Biasanya, Event ini berupa kamu harus menggunakan pasukan tertentu untuk menyelesaikan.

3. Clan Games

Clan Games merupakan fitur baru berikutnya yang bisa bikin kamu tidak bosan bermain Clash of Clans. Seperti namanya, fitur ini melibatkan Clan kamu di dalam game.

Merupakan salah satu bagian dari Events, kamu dan Clan kamu bisa mengumpulkan berbagai macam hadiah menarik (beneran menarik pake banget) dengen menyelesaikan misi-misi.

4. Magic Items

Nah, hadiah-hadiah menarik yang bisa kamu dapatkan dari Clan Games, atau Event, atau beli di Shop adalah Magic Items. Magic Items merupakan sekumpulan alat-alat magis yang bisa membuat desamu lebih makmur.

Mulai dari membuat pasukanmu jadi lebih kuat untuk beberapa jam, membuat bangunan yang kamu bikin langsung jadi tanpa perlu menunggu, atau bahkan mengisi penuh storage loot kamu.

Saat ini, terdapat 15 magic Items yang bisa kamu temui di dalam Clash of Clans. Terdapat 4 buku, 5 potion, 5 rune, dan 1 cincin. Ke-15 Magic Items ini bisa tersimpan di dalam Clan Castle kamu.

5. Daily Discount

Perlu diingat bahwa Magic Items tidak bisa seenaknya kita beli di Shop dengan Gem yang sudah ditentukan. Biasanya kita harus menunggu sampai barang tersebut ada. Lalu biasanya Magic Item tersebut dipaketkan dengan produk Clash of Clans lainnya seperti Dark Elixir atau Gold/Elixir.

Nah, berbarengan dengan update Magic Items, Supercell juga menghadirkan sebuah toko baru yang bernama “Traveler”. Di toko ini, kamu bisa membeli Magic Items yang tersedia. Bahkan, kadang-kadang ada beberapa Magic Item yang bisa kamu beli secara gratis.