Apa saja perbedaan ikan nemo hasil budidaya dan tangkapan liar ?

image

Apa saja perbedaan dari ikan nemo hasil budidaya dan tangkapan liar ? Adakah pengaruh dari dual hal tersebut

Proses Aklimasi atau Adaptasi untuk akuarium

1. Proses adaptasi Clownfish

Aklimasi dari alam liar untuk hidup akuarium adalah salah satu transisi yang paling sulit dan penuh tekanan pada jenis ikan apapun. Bergerak dari satu akuarium ke yang lain, seperti halnya untuk akuarium pembudidayaan, umumnya ikan tersebut tidak akan stres karena mereka telah menghabiskan seluruh hidup mereka di akuarium, jadi ketika Anda membeli mereka, mereka hanya akan membutuhkan waktu yang singkat untuk proses adaptasi dan sudah siap dengan ruang terbatas dan makanan buatan.

Jika Anda memperoleh ikan Badut yang dipanen dari alam liar, Anda harus sangat berhati-hati dalam mengurangi stres pada tahap Adaptasi, kualitas air harus baik, intensitas cahaya yang tinggi, dan Anda mungkin awalnya harus memberi makanan hidup atau makanan beku, menempatkan di akuarium yang terpisah, mencapur sedikit demi sedikit air akuarium dengan air dari bungkus ikan tersebut. Dengan demikian, ikan badut dari pembudidayan spesimen mungkin lebih baik untuk aquarist air laut pemula.
Tapi ingat, menempatkan clownfish dari tangkapan liar atau dari sistem budidaya, kedalam akuarium dengan kualitas air yang buruk dan kondisi yang tidak benar dapat juga menyebabkan kematian. Jadi semuanya juga tergantung baik atau buruknya kondisi air dalam akuarium anda.

Paparan stress dalam pengiriman atau perjalanan

2. Proses Packing Ikan
Stres pada saat pengiriman atau dalam perjalanan merupakan faktor yang selalu hadir untuk ikan,dan tampaknya jauh lebih parah pada ikan clownfish bila dibandingkan dengan ikan laut lainnya.
Clownfish Liar dipanen dikenakan proses pengiriman yang jauh lebih stress dari ikan budidaya. Karena panen dari alam liar ikan perlu dikumpulkan, di pilah, diekspor dan diimpor. Untuk Clownfish yang berasal dari pembudidayaan hanya membutuhkan satu proses packing atau pembungkusan kemudian di pindah ke akuarium dirumah anda.

3. Agresi atau pertahanan diri
Clownfish terkenal aggressiveWild, clownfish yang dipanen dari alam liar sangat teritorial. Mereka sangat aggressive untuk membela ruangan mereka dan anemon dari invasi atau serangan oleh clownfish lainnya. Bagi mereka, lebih baik menjaga wilayah mereka atau mati, sehingga agresi secara harfiah adalah cara hidup clownfis. Agresi dapat menjadi penyebab utama stres dan kematian pada clownfish selama pengiriman.

Clownfish dari pembudidayaan tidak begitu agresif dibandingkan yang berasal dari alam liar. Karena clownfish ini dibesarkan dalam satu grup dengan pengaturan tanpa anemon, mereka biasanya tidak mengembangkan kecenderungan agresif teritorial. Mereka cenderung menjadi agresif untuk spesies lain dari clownfish. Bahkan, salah satu keuntungan dari clownfish budidaya adalah bahwa mereka dapat ditempatkan dengan clownfish lain dari spesies yang berbeda atau bahkan yang sama. Jika clownfish ditambahkan ke akuarium pada saat yang sama ketika mereka masih muda, mereka sering akan hidup bersama secara damai bagi seluruh hidup mereka walaupun jenisnya berbeda.

4. Umur ikan

Ketika Anda membeli seekor clownfish dari pembudidayan, Anda dapat yakin bahwa ikan tersebut memiliki usia remaja atau usia muda, bukan usia tua.
Tetapi ketika anda membeli clownfish dari panen liar, terutama spesimen yang lebih besar, Anda mungkin akan mendapatkan ikan yang tua. Karena clownfish di alam tetap remaja sampai mereka menempati anemon host, sehingga beberapa spesimen menengah bisa cukup tua ketika tertangkap karena para nelayan lebih mudah menangkap clownfish ketika mereka berada di anemonnya daripada clownfish yang tidak memiliki anemon. Ini adalah salah satu manfaat yang paling sering diabaikan dari clownfish hasil pembudidayan. Karena Anda dapat benar benar yakin memperoleh ikan usia muda, dan Anda akan bisa menikmati untuk sisa umur clownfish remaja tersebut.

sumber :