Apa saja perbedaan ikan guppy betina dan jantan ?

ikan guppy

Ada banyak hal yang membedakan ikan guppy bertina dan ikan guppy jantan. Apa saja ciri-ciri ikan guppy betina ?

Untuk membedakannya sangatlah mudah, anda bisa melihat dari tampilan fisik dan pergerakan ikan. Sama halnya dengan ikan cupang, ikan guppy jantan jauh lebih cantik dan memiliki ukruan sirip ekor lebih besar. Kecantikan ikan guppy jantan berguna untuk menarik perhatian ikan guppy betina. Berikut ciri-ciri ikan guppy betina.

  • Untuk corak warna, ikan guppy betina lebih cenderung berwarna silver dan tubuh transparan.
  • Pada bagian ekor, ikan guppy betina memiliki warna sesuai dengan jenisnya.
  • Ukuran sirip ekor dan sirip punggung ikan guppy betina juga lebih kecil.
  • Pada bagian perut, ikan guppy betina agak terlihat transparan dan buncit.
  • Pergerakan ikan guppy betina juga tidak agresif lakalnya ikan guppy jantan.
  • Ukuran tubuh ikan guppy betina lebih besar.

Untuk membedakan indukan jantan dapat mengetahuinya dengan melihat perbedaan bentuk dan warna sirip ekor. Induk jantan mempunyai warna yang kontras, dengan sirip ekor yang sangat indah dan berbentuk ikan.

Ikan betina mempunyai badan yang warnanya biasa-biasa saja dengan warna sirip ekor biasa saja. Selain itu itu induk jantan mempunyai gonopodium yang berbentuk menonjol, terletak dibelakang sirip perut, sedangkan induk betina gapi tidak ad, hanya berbentuk sirip yang lebar.

perbedaan ikan guppy jantan dan betina

Indukan jantan ikan guppy sudah bisa dipijahkan pada ukuran 3,5 - 4 cm, sedangkan ikan betina jika sudah mencapai 4 - 5 cm. Umur induk, baik jantan maupun betina yang matang kelamin biasanya sekitar 3 bulan.

Dibandingkan ikan betina, ikan jantan lebih banyak diminati karena mempunyai warna yang indah dan bentuk siripnya yang lebar seperti kipas.