Apa saja perawatan standar di rumah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi?

image

Untuk merawat kesehatan gigi dan mulut serta terhindar dari berbagai risiko penyakit, sebaiknya mulai terapkan tiga hal ini setiap hari

  • Terapkan sikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, terutama saat pagi dan sebelum tidur. Lakukan selama 2 menit, pastikan seluruh permukaan gigi tersikat dari yang menghadap bibir dan pipi, permukaan kunyah, dan permukaan yang menghadap lidah atau langit-langit mulut

  • Memakai benang gigi atau sikat interdental pada celah antar gigi sekali dalam sehari. Anda juga bisa melakukan sikat lidah untuk menjaga kesehatan lidah dan menunjang kesehatan mulut.

  • Anda juga bisa mengunakan zat fluoride tambahan untuk mencegah gigi berlubang. Pada orang dengan risiko gigi berlubang tinggi, dianjurkan menggunakan obat kumur berfluoride. Sedangkan pada orang dengan risiko penyakit gusi yang tinggi, bisa menggunakan obat kumur antimikroba sesuai anjuran dokter.

  • Berkumur dengan obat kumur. Pilihlah yang tidak mengandung alkohol, karena bisa membuat mulut kering. Namun, Anda tidak disarankan untuk berkumur lebih dari 2 minggu berturut-turut.

  • Jangan lupa juga makan makanan yang bergizi tinggi (mengandung kalsium, fosfor, dan serat) serta batasi konsumsi makanan dan minuman manis. Selain itu, perbanyak minum air putih untuk meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan dan melembapkan mulut. Hindari merokok untuk menjaga warna gigi tetap cerah.