Apa saja perang antar negara yang disebabkan oleh cinta ?

perang karena cinta

Permasalahan yang dapat timbul akibat cinta tidak hanya berdampak pada kedua pihak tersebut, namun juga dapat memberi pengaruh pada banyak orang bahkan sampai menimbulkan perang, Apa saja perang didunia yang disebabkan oleh cinta ?

Kisah percintaan manusia terkadang selalu diwarnai dengan bumbu kehidupan yang pelik. Selalu ada hambatan dan juga rintangan yang harus mereka lewati untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki.

Meski demikian, tidak semua kisah percintaan berakhir dengan bahagia. Beberapa dari kisah cinta mereka justru berakhir dengan kesedihan dan penuh air mata. Bahkan, beberapa tokoh terkenal di dunia pun harus melewati perjuangan yang tak mudah untuk mendapatkan hati gadis pujaannya.

1. Bajirao dan Mastani

Kisah cinta bajirao dan Mastani menceritakan salah satu bagian dari sejarah India di abad 18. Bajirao dan Mastani mengeksplorasi sisi romantis Perdana Menteri Bajirao Ballal Bhat dari Kerajaan Maratha pada abad ke-18. Bajirao Ballal Bhat berjuang memenangkan 40 pertempuran melawan Mughal. Tujuannya, mewujudkan kerajaan Hindu bersatu atau Akhand Bharatvarsha.

Bajirao pada salah satu ekspedisi militernya dimintai bantuan Mastani menyelamatkan kerajaan ayahnya dari serangan tentara Mughal. Bajirao yang awalnya enggan akhirnya membantu kerajaan ayah Mastani. Ketangkasan Mastani sebagai prajurit perempuan memesona Bajirao. Bajirao juga berhutang budi pada Mastani karena saat bertempur nyawanya diselamatkan Mastani.

Mereka pun akhirnya jatuh cinta dan memutuskan menikah. Drama pun dimulai dari situ. Cinta Bajirao dan Mastani harus menghadapi rintangan adat, agama, keluarga dan istri pertama Bajirao, Keishabai. Bajirao diketahui beragama Hindu sementara Mastani muslim.

2. Giuseppe dan Anita Garibaldi

Salah satu bapak pendiri Italia, Giuseppe Garibaldi menjadi terkenal setelah pemberontakan yang gagal di Piedmont, Italia. Dihukum mati, Garibaldi melarikan diri ke Prancis dan akhirnya ke Brasil. Selama masa inilah dia bertemu Anita dan langsung terpikat olehnya. Meskipun sudah menikah, Anita memutuskan meninggalkan sang suami karena sikapnya yang kasar.

Anita kemudian rela menemani kekasihnya Giuseppe Garibaldi dalam petualangan revolusionernya. Di atas kapal Garibaldi, Anita bahkan berani mengangkat senjata ketika mereka bertemu dengan kapal musuh. Singkat kata keduanya akhirnya menikah.

Ketika Republik Romawi runtuh, Giuseppe dan Anita memimpin para sukarelawan dalam retret yang sulit dari Roma. Tragedi terjadi pada 4 Agustus 1849, ketika Giuseppe jatuh sakit dan meninggal. Anita yang pada 2 Juni 1882 meninggal di akhir hayatnya selalu dilanda kesedihan paska kematian Giuseppe Garibaldi.

3. Ferdinand dan Isabella

Lambang kekuatan cinta Isabella dan Ferdinand mempersatukan dua kerajaan Katholik besar (Castile dan Aragon). Romansa dan pernikahan Ferdinand dan Isabella menyebabkan penyatuan Spanyol modern, dan selanjutnya masa damai dan kemakmuran menarik seorang penjelajah Genoese bernama Christopher Columbus.

Ketika Columbus berbicara tentang perjalanan ke barat, Ferdinand awalnya tidak antusias tentang gagasan itu sampai Isabella memberikan dukungan penuh Castile. Penemuan Dunia Baru mengisi pundi-pundi Spanyol, dan Kekristenan menyebar ke banyak dunia baru mulai Meksiko, Argentina hingga Filipina.

Semua itu dimungkinkan karena seorang pangeran dan putri (Ferdinand dan Isabella) memutuskan untuk bertemu dan membuat segala sesuatunya berjalan dengan baik.
4. Justinian dan Theodora

Justinian dan Theodora merupakan pasangan paling kompak. Theodora yang cantik, ceria, cerdas dan lucu menyebabkan Justinian jatuh cinta. Cinta Justinian untuk Theodora begitu besar bahkan mereka berdua berani melawan hukum Romawi kuno saat itu yang melarang pejabat dari aktris menikah.

Mereka berdua kemudian menikah pada 525 M dan menjadi Kaisar dan Permaisuri dari Kerajaan Romawi. Mereka sangat populer di mata rakyatnya. Justinian adalah seorang pemimpin kuat dan dihormati sedang Theodora seorang wanita sangat cantik karismatik dan cerdas.

Dalam menjalankan kepemimpinanya Justinian memperbolehkan Theodora untuk berbagi tahkta dengannya bahkan juga berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

5. Pericles dan Aspasia

Pada zaman Yunani Kuno (470- 400 SM) terdapat kisah asmara antara pemimpin Yunani dengan seorang wanita Hetaera (PSK zaman Yunani kuno) yang banyak dicibir oleh keluarga dan masyarakatnya. Pericles adalah seorang tokoh publik, orator, dan merupakan pemimpin besar demokrasi Athena.

Kisah percintaan Pericles dan Aspasia merupakan kisah cinta sangat terkenal pada zamannya. Terlebih sebenarnya Pericles tidak diijinkan menikah dengan Aspasia karena ia seorang hetaera. Hetaera adalah sebutan untuk pelacur kelas tinggi pada zaman itu. Meski ditentang, Pericles disebut selalu memuja Aspasia sepanjang hidupnya. Dia menciumnya setiap hari sampai kematiannya pada 429 SM.

6. Kaisar Gaozong dan Wu Zetian

Kaisar Taizong memerintah dinasti Tang di China selama lebih dari dua dekade. Dia adalah sosok yang dihormati. Setelah kematiannya pada 649 M, kekuasannya diserahkan kepada anaknya, Kaisar Gaozong. Suatu hari, kaisar baru tersebut melewati sebuah biara dan bertemu dengan seorang wanita bernama Wu Zetian.

Dia adalah mantan selir junior kekaisaran sebelumnya yang hidup di luar istana sejak kematian suaminya. Namun Kaisar Gaozong menyuruhnya kembali ke istana dan menjadikan Wu Zetian sebagai selirnya. Sifat skandal hubungan incest ini disambut dengan penghinaan.

Selir lain bersaing mendapatkan kasih sayang sang kaisar, namun Wu Zetian bisa bertahan dan akhirnya diproklamirkan sebagai permaisuri pada 655. Tujuh tahun kemudian, Wu Zetian naik ke takhta dan menjadi satu-satunya kaisar wanita di China. Pada masa Kekaisaran Wu Zetian, kerajaannya meraih masa masa gemilang dalam sejarah China.

7. Frederick dan Anna Murray Douglass

Frederick Douglass adalah seorang budak dan pemimpin hak asasi manusia terkemuka dalam sejarah gerakan penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Sedangkan Anna terlahir sebagai wanita kulit hitam bebas di Maryland yang bertemu dengan Douglass saat dia bekerja sebagai penangkap kapal.

Anna yang memfasilitasi pelariannya dengan membelikannya tiket kereta api dalam penyamarannya. Keduanya kemudian menikah, dan Frederick memulai kariernya di panggung politik sebagai seorang aktivis abolisionis. Ketika Frederick melanglangbuana menjalankan aktivitasnya, Anna sendirian membesarkan lima anak mereka.

Bahkan ketika Frederick diketahui berselingkuh, Anna tetap berada di sisinya demi memperjuangkan persamaan ras dan kebebasan. Anna meninggal pada 4 Agustus 1882, dan Frederick mengikutinya lebih dari 10 tahun kemudian.

8. Vladimir Lenin dan Inessa Armand

Pemimpin revolusi Rusia Vladimir Lenin terjebak dalam cinta segitiga di antara dua perempuan: istrinya, Nadezhda Krupskaya, dan seorang komunis Prancis-Rusia, Inessa Armand. Terlepas dari persaingan antara kedua perempuan tersebut, ketiganya menikmati hubungan yang tulus.

Inessa Armand, seorang sosialis kelahiran Prancis, pindah ke Moskow pada usia 15 tahun setelah kematian ayahnya. Pertemuan pertama Armand dengan Lenin terjadi pada 1909. Selama beberapa tahun, keduanya tinggal dan bekerja di Paris dan banyak yang menduga dalam periode itu hubungan mereka telah tumbuh lebih dari sekadar persahabatan.

Hubungan antara Lenin dan Armand tak berlangsung lama. Sang pemimpin revolusi akhirnya memilih tetap setia dengan istrinya. Armand tetap setia pada Lenin dan revolusi hingga akhir hayatnya.

9. Hernan Cortes dan La Malinche

Menurut sejarah, Cortes dikenal sebagai salah satu penjelajah terkenal asal Spanyol. Sedangkan La Malinche adalah salah satu dari 27 wanita yang dipersembahkan sebagai penghormatan kepada orang-orang Spanyol setelah menaklukkan sebuah suku lokal dalam suatu pertempuran.

Sebagai penerjemah, penuntun dan kekasih, La Malinche membantu Cortes dalam penaklukan Spanyol di Meksiko. La Malinche dibaptis dan dikenal sebagai Doña Marina. Dari hasil hubungannya dengan Cortes, dia melahirkan seorang putra, Martin, salah satu mestizos (orang keturunan campuran bangsa Eropa dengan bangsa asli Amerika) pertama.