Apa saja peranan ahli gizi di daerah bencana alam?

Apa saja peranan ahli gizi di daerah bencana alam ?

Dalam kondisi bencana alam, tentunya akan ada unit pengungsian yang akan menjadi tempat evakuasi korban bencana. Kebutuhan akan sumber pangan sangat diperlukan mengingat kondisi fisik dan mental para korban yang menurun akibat bencana. Apa saja peranan ahli gizi di daerah bencana alam ?

1 Like

Peranan seorang ahli gizi di daerah benacana antara lain sebagai berikut :

  1. Ahli gizi bertanggungjawab pada perencanaan menu sederhana namun bermanfaat dengan mempertimbangkan ketersediaan bahan makanan, air, bahan bakar, dan personil.

  2. Menyelenggarakan intervensi gizi berdasarkan tingkat kedaruratan dengan memperhatikan prevalensi, keadaan penyakit, ketersediaan sumber daya, kebijakan yang ada, kondisi penampungan, serta latar belakang sosial budaya.

  3. Melakukan surveilans gizi untuk memantau perkembangan jumlah pengungsi, keadaan status gizi, dan kesehatan.

  4. Membagi tugas-tugas pada setiap area, misalnya persiapan, distribusi, dan penyajian, serta menunjuk 1 orang sebagai koordinatornya.

  5. Berkoordinasi dengan tenaga lain untuk menwujudkan sistem pelayanan kesehatan yang efektif melalui koordinasi lintas program, lintas sektoral, LSM, dan ormas dalam penanggulangan masalah gizi pada setiap tahap.

  6. Melaksanakan profesionalisme tenaga lapangan untuk penanganan gizi pengungsi orientasi dan pelatihan dengan pemberdayaan pengungsi di bidang pemenuhan kebutuhan pangan.

Referensi

Helmyati, Siti et al. 2018. Manajemen Gizi dalam Kondisi Bencana. Yogyakarta : UGM Press.