Apa saja peran Sistem Informasi di jaman sekarang?

Pada zaman ini teknologi terus berkembang dan sangat digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia,nah apa saja sih peran SI dalam hal ini?

Peranan SI pada masa kini?
Peranan Sistem informasi dapat muncul dimana dimana seperti :

Dalam Bisnis

Keunggulan Operasional
Bisnis dapat terus meningkatkan efisiensi operasi mereka untuk mencapai profitabilitas yang lebih tinggi. Mereka dapat melakukan ini dengan cara terus-menerus mempunyai jumlah persediaan yang benar sehingga konsumen selalu mendapatkan keinginan yang mereka inginkan.

Produk Layanan Baru dan Model Bisnis
Sistem informasi memainkan peran utama dalam bisnis untuk menciptakan produk dan layanan terbaru. Model bisnis baru bisa dibuat dan bisa menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan memproduksi, membuat, dan menjual produk.

Keintiman Pelanggan dan Pemasok
Dengan pelayanan yang baik dari sebuah perusahaan, konsumen akan kembali berbisnis dengan perusahaan tersebut dan akibatnya mereka akan membeli pemasok, sehingga menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.

Peningkatan Pengambilan Keputusan
Sistem Informasi memungkinkan manajer untuk menggunakan data real time saat membuat keputusan, sehingga mengakibatkan membuat keputusan yang lebih baik dan tidak perlu membuang waktu untuk mencari informasi.

Keunggulan Kompetitif
Jika perusahaan menggunakan sistem informasi secara benar, mereka akan menciptakan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing mereka

Kelangsungan Hidup
Berinvestasi bisnis pada sistem ini akan membuat pekerjaan pebisnis lebih mudah. Contohnya seperti Citibank memperkenalkan mesin ATM pertama agar memudahkan nasabah untuk mengakses uang mereka dan mengurangi antrian di bank mereka.

Ada pula pernannya pada Organisasi.

Dalam organisasi

Sistem informasi meningkatkan kinerja:
Sistem Informasi dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses secara keseluruhan. Sistem informasi mempercepat proses dan mengurangi waktu dengan menghapus langkah-langkah yang tak bernilai. Sebagai contoh, Citibank mengembangkan Automatic Teller Machines dan Kartu Debit Bank pada tahun 1977 (Laudon and Laudon 9th Ed.). Mesin tersebut membuat transaksi keuangan mudah dan merupakan sukses besar. Setelahnya, bank terus berinovasi dan hari ini, dengan bantuan sistem informasi yang andal dan aman dari TEMENOS, Infosys, Oracle dll, sebagian besar pelanggan dapat melakukan sebagian besar transaksi dari komputer di rumah mereka atau bahkan dari telepon seluler. Selain itu, sistem informasi memberikan informasi real time yang mengurangi cakupan kesalahan, sehingga meningkatkan kualitas output dari proses.

Kepentingan dalam hal membuat keputusan:
Sistem Informasi menyediakan alat bagi manajer yang memungkinkan mereka untuk memantau, merencanakan, dan memperkirakan dengan lebih presisi dan kecepatan daripada sebelumnya. Mereka juga memungkinkan manajer merespons lebih cepat dan beradaptasi dengan cepat ke lingkungan bisnis yang cepat berubah. The Decision Support Systems (DSS) dapat secara signifikan memperbaiki hasil baik pada bidang kuantitatif maupun kualitatif.

Perubahan perilaku organisasi:
Penelitian perilaku menggambarkan bahwa sistem informasi memfasilitasi perataan hierarki dengan memperluas distribusi informasi untuk memberdayakan karyawan tingkat rendah. Ini mendorong hak pengambilan keputusan ke tingkat yang lebih rendah dalam organisasi karena karyawan tingkat rendah menerima informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan, sehingga menghilangkan kebutuhan manajer menengah (Laudon dan Laudon 9th Ed.). Hal ini juga menyebabkan pengurangan biaya administrasi organisasi.

source:


https://www.ukessays.com/essays/information-systems/the-importance-of-information-systems.php

Sistem adalah satu kesatuan komponen yang saling terhubung dengan batasan yang jelas bekerja bersama-sama untuk mencapai seperangkat tujuan. Sistem informasi adalah kombinasi dari people, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber-sumber data, prosedur dan kebijakan yang terorganisasi dengan baik yang dapat menyimpan, mengadakan lagi, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi dalam suatu organisasi. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yang disimpan (sumber daya data). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sistem informasi memberikan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis sehingga seringkali orang menggunakan keunggulan sistem informasi yang ia gunakan sebagai kunci strategi bisnis.

Sistem Informasi Manajemen-SIM (management information system-MIA) sebagai suatu sistem berbasis computer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa. Para pengguna SIM biasanya terdiri atas entitas-entitas organisasi formal perusahaan atau sub-unit anak perusahaannya. Informasi yang di berikan oleh SIM menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya dilihat dari apa yang terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi, dan apa yang kemungkinan akan terjadi di masa depan.

Tujuan dari sistem informasi manajemen adalah menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
strong text
Peran Sistem Informasi di zaman sekarang ini :

  • Sistem Informasi sebagai Aktivitas Pemasaran dan Jual Beli Online
    Sistem informasi dapat membantu segala jenis bisnis, meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial, dan kerjasama kelompok kerja, hingga memperkuat posisi kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah. Sistem informasi berbasis internet digunakan mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi e-commerce, atau dalam aktifitas bisnis lainnya seperti

  • Sistem Informasi sebagai Operasi Bisnis
    Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi atau kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi penting.

  • Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial.
    Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.

Sumber :

Sistem Informasi tentunya menjadi sebuah bidang yang booming di kalangan masyarakat. Tentunya bidang ini menjadi sebuah peran vital dalam hampir semua bidang, dikarenakan korelasinya yang dapat dengan semua bidang.

Peran sistem informasi adalah untuk meramalkan kebutuhan dan tuntutan perusahaan berdasarkan penggunaan saat ini dan mengingat perubahan masa depan yang akan terjadi misalnya perpanjangan operasi bisnis di pasar baru sehingga Sistem Informasi dapat mengajukan database yang lebih besar yang dengan mudah akan menyimpan data. Ini adalah keputusan untuk manajemen puncak dan termasuk biaya yang sangat besar.

Tipe-Tipe Sistem Informasi :

  1. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System / DSS)
  2. Sistem Informasi Manajemen (Management Information System / MIS)
  3. Sistem Pengolahan Transaksi (Transaction Processing System / TPS)
  4. Sistem Pendukung Eksekutif / Sistem tingkat operasional (Executive Support System / ESS)

Sistem Tingkat Operasional ( Operational-level Systems )
Sistem ini harus mendukung manajer operasional dengan mencatat aktivitas dan transaksi dasar organisasi. Fungsi prinsip sistem pada level ini adalah menjawab pertanyaan biasa dan melacak arus transaksi melalui organisasi. Sistem ini mencakup hal-hal seperti penjualan, penerimaan, setoran tunai, penggajian, keputusan kredit dan arus material.

Sistem Tingkat Pengetahuan ( Knowledge-level System )
Sistem ini terlihat dari dukungan pengetahuan dan data pekerja dalam sebuah organisasi. Tujuan dari sistem ini adalah untuk membantu organisasi menemukan, memilah dan mengumpulkan pengetahuan baru dan yang sudah ada ke dalam bisnis, dan untuk membantu mengendalikan arus dokumen. Sistem ini, terutama dalam bentuk alat kolaborasi, workstation, dan sistem perkantoran, adalah aplikasi bisnis yang berkembang paling pesat saat ini.

Sistem Manajemen ( Management-level System )
Ini dirancang untuk melayani pemantauan, pengendalian, pengambilan keputusan, dan kegiatan administrasi manajer menengah. Ini biasanya memberikan laporan berkala daripada instan pada operasi. Beberapa dari sistem ini mendukung pengambilan keputusan non-rutin, dengan fokus pada keputusan yang kurang terstruktur yang persyaratannya tidak selalu jelas. Hal ini sering dibutuhkan dari luar organisasi, dan juga dari data tingkat operasional normal.

Sistem Tingkat Strategis ( Strategic-level Systems )
Ini membantu manajemen senior untuk menangani dan menangani isu-isu strategis dan tren jangka panjang, baik di dalam organisasi maupun di lingkungan di luar operasi. Perhatian utama adalah mencocokkan kemampuan organisasi dengan perubahan, dan peluang, yang terjadi dalam jangka menengah sampai jangka panjang (yaitu 5 - 10 tahun) di lingkungan eksternal.

Biasanya, sebuah organisasi mungkin memiliki sistem manajemen operasional, pengetahuan, manajemen dan strategis untuk setiap area fungsional dalam organisasi. Ini akan didasarkan pada model manajemen yang diadopsi oleh organisasi, jadi, sementara struktur sistem yang paling banyak diadopsi hanya mengikuti model fungsional standar, struktur yang mencerminkan model birokrasi, produk dan matriks juga dimungkinkan.

  • Operational-level System meliputi Transaction-Processing Systems (TPS)
  • Knowledge-level Systems meliputi Office Automation Systems (OAS) dan Knowledge Work Systems (KWS)
  • Management-level System meliputi Management Information Systems (MIS) dan Decision-Support Systems (DSS)
  • Strategic-level Systems meliputi Executive Support Systems (ESS/EIS)

Source:


http://nadya-k–feb09.web.unair.ac.id/artikel_detail-40854-Umum-Peran%20Utama%20Sistem%20Informasi.html
https://www.huridocs.org/information-systems/