Apa saja peran seorang manajer produk dalam mengembangkan produk?

Manajer produk memiliki peran penting dalam mengembangkan sebuah produk karena produk yang baik tidak lepas dari orang orang yang baik pula, lalu apa saja peran seorang manajer produk dalam mengembangkan produknya?

Manajer produk bertanggung jawab untuk membimbing kesuksesan sebuah produk dan memimpin tim lintas fungsional yang bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Ini adalah peran organisasi yang penting - terutama di perusahaan teknologi - yang menetapkan strategi, peta jalan, dan definisi fitur untuk produk atau lini produk. Posisi tersebut mungkin juga mencakup tanggung jawab pemasaran, peramalan, dan keuntungan dan kerugian (P & L). Dalam banyak hal, peran seorang manajer produk serupa dalam konsep seorang manajer merek di perusahaan barang kemasan konsumen.

Manajer produk menyediakan keahlian dalam produk yang dibutuhkan untuk memimpin organisasi dan membuat keputusan produk strategis. Mereka sering menganalisa kondisi pasar dan persaingan, meletakkan sebuah visi produk yang dibedakan dan memberikan nilai unik berdasarkan permintaan pelanggan. Peran tersebut mencakup banyak kegiatan mulai dari strategi hingga taktis dan memberikan kepemimpinan lintas fungsional yang penting - terutama antara tim teknik, pemasaran, penjualan, dan dukungan.

Manajer produk adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan mengapa, kapan, dan produk apa yang dibuat oleh tim teknik. Ini berarti mereka memimpin tim lintas fungsional dari konsepsi produk sampai peluncurannya.

Inilah aspek inti dari kepemimpinan produk yang harus dipercaya oleh semua manajer produk:

Strategies
Manajer produk bertanggung jawab untuk menetapkan visi dan strategi produk. Tugas mereka adalah mengartikulasikan nilai bisnis ke tim produk dengan jelas sehingga mereka memahami maksud di balik produk baru atau peluncuran produk. Manajer produk memiliki peta jalan dan harus memprioritaskan pembangunan yang paling penting untuk mencapai tujuan dan inisiatif strategis di balik produk.

Release
Manajer produk harus merencanakan apa yang tim mereka akan sampaikan dan garis waktu pelaksanaannya. Hal ini berlaku tidak peduli metodologi pengembangan yang digunakan oleh tim teknik. Manajer produk bertanggung jawab untuk menentukan proses pelepasan dan mengkoordinasikan semua aktivitas yang dibutuhkan untuk membawa produk ke pasar. Ini menjembatani kesenjangan antara fungsi yang berbeda dalam perusahaan dan menyelaraskan semua tim yang terlibat - yaitu pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Tanggung jawab juga mencakup pengelolaan dependensi di seluruh rilis untuk melengkapi fase dan tonggak rilis sebuah produk.

Ideation
Setiap organisasi menginginkan gagasan yang lebih baik - namun sulit untuk mengatur dan memprioritaskan mereka. Manajer produk memiliki proses kreatif untuk menghasilkan, mengembangkan, dan mengurasi gagasan baru. Mereka menentukan ide mana yang harus dipromosikan menjadi fitur untuk mendorong strategi produk ke depan - yaitu strategi yang akan mencapai tujuan utama untuk lini produk dan bisnis. Untuk tujuan ini, mereka juga memastikan bahwa umpan balik dan permintaan diintegrasikan secara mulus ke dalam proses perencanaan dan pengembangan produk mereka. Manajer produk kemudian mengkomunikasikan status gagasan kembali kepada pelanggan, mitra, dan anggota tim internal yang mengajukannya.

Features
Manajer produk memprioritaskan fitur dengan memberi peringkat pada sasaran dan inisiatif strategis. Hal ini memerlukan keputusan trade-off yang sulit berdasarkan pada nilai yang akan diberikan oleh fitur baru kepada pelanggan dan bisnis. Manajer produk juga bertanggung jawab untuk menentukan persyaratan untuk setiap fitur dan pengalaman pengguna yang diinginkan. Manajer produk bekerja sama dengan teknik mengenai spesifikasi teknis dan memastikan bahwa tim memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk memberikan produk yang lengkap ke pasar.

Membangun produk yang hebat sangat menyegarkan. Produk yang sukses dibangun dan diadopsi oleh pelanggan oleh sekelompok anggota tim yang berkomitmen, fokus, dan penuh gairah memainkan posisi mereka sebaik kemampuan mereka. Hal ini dimulai dengan manajer produk yang kuat yang merasakan rasa tanggung jawab yang mendalam atas peran mereka dan mengelola apa yang didefinisikan di atas.

Referensi

Manajer produk mempunyai tugas yang sangat penting sebagai ujung tombak untuk meningkatkan kualitas produk-produknya, yang pastinya hal tersebut dilakukan bersama dengan tim yang hebat. Produk yang dihasilkan harus tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hal tersebut dapat terwujud dengan menganalisa kondisi pasar dan para pesaing.

Manajer produk bertanggung jawab untuk menentukan kapan, bagaimana, dan mengapa suatu produk dibuat. Jika suatu produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka seorang manajer produk harus melakukan intropeksi terhadap kepemimpinannya dan strategi-strateginya, antara lain dengan cara mengevaluasi beberapa hal berikut :

  • STRATEGI : langkah awal yang dilakukan oleh manajer produk adalah memahami apakah produk tersebut mempunyai nilai setelah diluncurkan dengan mempertimbangkan nilai-nilai bisnis yang ada.

  • RELEASES : Manajer Produk harus mempertimbangkan kapan suatu produk harus diluncurkan? Apakah waktu peluncuran produk sesuai dan tepat?

  • IDEATION : apakah ide yang telah direalisasikan dalam sebuah produk sudah tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan?. Manajer produk juga harus menentukan ide mana yang pantas untuk diluncurkan ke pasar sehingga mendapat respon yang baik.

  • FEATURES : dengan mempertimbangkan setiap fitur yang ada sesuai dengan pengalaman pengguna sehingga produk yang dipasarkan adalah produk yang tepat sesuai dengan target pasar.

Sumber : https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-management/what-is-the-role-of-a-product-manager