Apa saja peran manajer dalam mencapai tujuan organisasi ?

Dalam sebuah organisasi pastilah memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut. Dan dalam memenuhi tujuan tersebut seorang manajer memegang beberapa peranan. Apa saja tiga peranan utama manajer?

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari seorang manajer memegang beberapa peranan untuk mencapai tujuan organisasi. Tiga peranan utama manajer menyangkut sebagai berikut:

  1. Peran interpersonal, peran seorang manajer dalam berinteraksi dengan berbagai pihak dari luar ataupun dari dalam perusahaaan yang akan membantu berhasilnya pelaksanaan tugas.

    • Peranan figur bapak (Figurehead)
      Sebagai simbol pemimpin perusahaan, diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial.

    • Peranan pimpinan (Leader)
      Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan; mengisi posisi kosong (staffing), melatih, dan tugas-tugas terkait.

    • Peranan penghubung (Liason)
      Memelihara suatu jaringan kontak luar perusahaan yang mendukung dan juga penghubung pihak dalam.

  2. Peran informasional, peranan manajer dalam pemberian, penerimaan, penganalisaan dan penyebaran informasi.

    • Memantau (Monitor)
      Manajer aktif mencari informasi yang dapat bermanfaat untuk organisasi.

    • Penyebar (Disseminator)
      Manajer mendistribusikan informasi yang didapatkan kepada pihak lain, khususnya kepada bawahannya.

    • Juru bicara (Spokesman)
      Manajer sebagai wakil organisasi dalam menyampaikan informasi ke pihak luar organisasi.

  3. Peran sebagai pengambil keputusan, peranan seorang manajer dalam memanfaatkan informasi untuk membuat keputusan dalam memecahkan masalah atau melihat kesempatan yang ada.

    • Kewirausahaan (Entrepreunership)
      Manajer mengambil keputusan penting seperti peluncuran produk baru, penggabungan usaha, dll.

    • Pengendali gangguan (Disturbance Handler)
      Manajer diharapkan bisa menyelesaikan gangguan-gangguan yang mungkin muncul.

    • Pengalokasi sumberdaya (Resource Allocator)
      Manajer mengalokasikan sumber daya yang terbatas agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efisien.

    • Perunding (Negotiator)
      Manajer sebagai negotiator, melakukan negosiasi dengan pihak - pihak yang berkaitan.

Referensi

Semua orang yang berasal dari berbagai latar belakang, kualifikasi pendidikan serta beragam kepentingan yang berbeda semua berkumpul untuk bekerja dalam mencapai tujuan bersama. Setiap karyawan harus saling bekerjasama dalam mencapai tujuan sebuah organisasi. Dalam sebuah perusahaan harus dapat mengelola karyawannya dengan baik agar karyawan merasa diperlukan untuk organisasi. Dengan memanajemen organisasi maka perusahaan dapat mengelola karyawannya agar dapat menyelesaikan tugas sesuai jangka waktu yang diberikan. Di dalam sebuah perusahaan terdapat seorang manajer yang membantu memanajemen atau mengelola perusahaan.

Manajer merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas tugas-tugas tertentu atau bagian tertentu dari perusahaan. Seorang manajer memiliki staf yang sering melapor kepadanya. Organisasi akan menunjuk manajer sesuai dengan fungsi departemennya masing-masing. Ketika seseorang terpilih dalam posisi manajer, maka terdapat beberapa tanggung jawab yang harus dimiliki.

Berikut peran atau tanggung jawab seorang manajer :

  1. Operasi Harian
    Seorang manajer memiliki peran utama yaitu memastikan kerja harian dari sebuah departemen atau kelompok karyawan.

  2. Kepegawaian
    Dalam sebagian besar perusahaan mengharapkan manajer dapat mewawancarai, mempekerjakan, serta melatih karyawan baru.

  3. Menentukan Tujuan
    Seorang manajer harus dapat menetapkan tujuan baik itu jangka pendek maupun jangka panjang untuk memastikan umur sebuah perusahaan.

  4. Penghubung
    Meskipun manajer biasanya mengawasi kerja dari karyawannya, tetapi manajer juga perlu untuk berkomunikasi dengan atasannya serta dapat menyampaikan informasi yang diperlukan kepada berbagai pihak perusahaan. Komunikasi yang baik perlu dilakukan baik itu manajer kepada atasannya maupun manajer kepada bawahannya agar tujuan dari organisasi dapat tercapai.

  5. Administrasi
    Manajer harus dapat menyelesaikan pekerjaan administratif dan berhubungan dengan departemen lain.

  6. Delegasi
    Manajer memiliki kepercayaan kepada karyawannya dan mendelegasikan tugas sesuai kebutuhan departemen.

  7. Memotivasi
    Manajer merupakan seorang pemimpin, maka manajer harus dapat memotivasi anggotanya dan menciptakan lingkungan yang baik agar karyawannya dapat berkembang.

  8. Melaksanakan Kebijakan
    Manajer perlu menerapkan kebijakan perusahaan untuk membuat lingkungan dimana karyawan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya.

  9. Pelatihan
    Apabila ada system atau teknologi baru yang akan dimasukkan di perusahaan, maka manajer wajib untuk melatih karyawannya.

  10. Evaluasi
    Manajer juga memiliki peran untuk mengevaluasi data dan kinerja dari karyawan.

Setelah mengetahui peran-peran dari manajer, kita juga perlu mengetahui aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam manajemen organisasi. Aktivitas-aktivitas tersebut yaitu:

  1. Perencanaan
    Dalam perencanaan harus mempersiapkan rencana bisnis yang efektif. Dalam perencanaan penting untuk memutuskan apa yang akan dilakukan di masa depan

  2. Pengorganisasian
    Dalam tahap ini mengacu pada penggunaan sumber daya yang bijaksana untuk mencapai hasil terbaik dari karyawan.

  3. Kepegawaian
    Dalam manajemen organisasi yang buruk dapat menyebabkan karyawan tidak puas dan pada akhirnya malah menciptakan masalah bagi karyawan dan organisasinya. Oleh karena itu perlu merekrut karyawan yang berkompeten agar tujuan organisasi dapat tercapai.

  4. Pembimbingan
    Manajer harus menetapkan target yang jelas kepada anggota timnya. Seorang pemimpin harus memastikan anggota timnya bekerja sesuai dengan tujuannya.

  5. Kontrol
    Pemimpin harus sadar terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Para pemimpin harus meninjau kinerja dan kemajuan anggota dan membimbing anggotanya.

  6. Manajemen Waktu
    Manajemen waktu secara efektif dapat membantu karyawan melakukan hal yang benar serta waktu yang tepat.

  7. Memotivasi
    Pemimpin harus dapat menghargai kerja keras dari karyawan. Pemimpin harus memotivasi karyawannya agar karyawan merasa nyaman bekerja dalam rentang waktu yang lama.

Referensi