Apa saja peran buah dan sayur dalam pola makan beragam dan sehat untuk mencapai ketahanan pangan?

Buah, sayur, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber makanan yang penuh dengan nutrisi. Pangan tersebut memiliki kepadatan nutrisi yang tinggi dengan kandungan energi yang rendah, serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu makanan tersebut merupakan sumber fitokimia dan serat makanan yang baik. Apa saja peran buah dan sayur dalam pola makan beragam dan sehat untuk mencapai ketahanan pangan?

Manfaat buah dan sayur berkaitan dengan pola diet yang kaya nutrisi dan memiliki fungsi menurunkan resiko penyakit kronis termasuk jantung coroner, diabetes, stroke, hipertnesi, dan jenis kanker tertentu. Selain itu komposisi buah dan sayuran memiliki nutrisi yang beraneka ragam sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi defisiensi mikronutrien atau yang biasa disebut sebagai “hidden hunger”. Saat ini sebanyak dua miliar orang kekurangan mikronutrien utama seperti zat besi dan vitamin A. menurut WHO, 2018 Kelaparan mempengaruhi 815 juta orang, kelebihan berat badan dan obesitas juga terus meningkat. Sebanyak 1.9 miliar orang dewasa memiliki kelebihan berat badan dan obesitas.

Dunia sedang dihadapkan dengan permasalahan malnutrisi. Pola makan yang buruk dan kekurangan nutrisi dapat menjadi faktor resiko penyakit. Malnutrisi juga memiliki dampak negative pada kesehatan dan kesejahteraan manusia seperti masalah fisik dan kognitif serta merusak modal manusia dan produktivitas ekonomi. Pada tujuan Sustainable Development atau SDGs nomor 2 adalah mengakhiri segala bentuk kekurangan gizi dan kelaparan pada tahun 2030. Untuk mengatasinya maka dikakukan berbagai program yang berfokus pada nutrisi dan mengatasi penyebab dasar kekurangan gizi. Pertanian yang mengedepankan pemenuhan nutrisi mikronutrien dan juga pangan menjadi fokus dalam menjalankan program Zero Hunger.

sumber:
McMullin, S., Stadlmayr, B., Roothaert, R., & Jamnadass, R. (2019). Fresh Fruit and Vegetables: Contributions to Food and Nutrition Security. Encyclopedia of Food Security and Sustainability, Vol. 3 , 217-225.