Apa Saja Penyebab Tulang Ekor Sakit yang Tak Disadari?

Tulang ekor yang sakit akan dirasakan pada bagian paling bawah tulang belakang, tepatnya di atas bokong. Rasa sakit yang muncul pada tulang yang bentuknya menyerupai paruh burung ini dikenal sebagai coccydynia dalam dunia medis. Apa Saja Penyebab Tulang Ekor Sakit yang Tak Disadari?

Umumnya, rasa sakit pada tulang ekor disebabkan oleh kerusakan pada tulang ini atau jaringan di sekitarnya. Rasa nyeri dan tidak nyaman biasanya akan semakin terasa terutama saat sedang duduk.

Saat hendak menggunakan toilet atau berhubungan intim, tulang ekor mungkin juga terasa sakit. Wanita kadang kala merasakan nyeri di tulang ekor saat mereka mengalami haid.

Pada situasi tertentu, rasa nyeri akan merambat sampai kaki. Untuk meredakan rasa nyeri pada tulang ekor, berdiri atau berjalan mungkin dapat membantu. Berikut adalah berbagai jenis penyebab tulang ekor sakit:

  1. Persalinan
    Penyebab paling umum sakit tulang ekor pada perempuan adalah melahirkan. Pada akhir usia kehamilan, tulang ekor menjadi lebih lentur guna memberi jalan keluarnya janin saat akan melahirkan.

Pada kasus tertentu, proses persalinan akan membuat otot dan ligamen di sekitar tulang ekor terlalu meregang sehingga menimbulkan rasa nyeri pada area ini.

  1. Cedera pada Tulang Ekor
    Cedera pada bagian tulang ekor dapat terjadi saat melakukan olahraga, seperti tertendang saat bermain sepak bola. Jatuh terduduk juga bisa menyebabkan cedera pada tulang ekor.

Umumnya, cedera hanya akan berupa memar. Pada kondisi yang lebih parah, tulang ekor dapat mengalami dislokasi atau bahkan patah.

  1. Repetitive Strain Injury
    Beberapa olahraga membutuhkan peregangan pangkal tulang belakang terus-menerus, seperti bersepeda atau olahraga air seperti mendayung. Hal ini karena posisi membungkuk dan meregangnya pangkal tulang belakang secara berulang-ulang.

Peregangan yang dilakukan terus-menerus dan terlalu sering bisa menyebabkan otot dan ligamen di sekitar tulang ekor mengalami cedera.

Lama-kelamaan, otot dan ligamen tersebut mengalami kerusakan permanen sehingga tidak bisa menahan tulang ekor tetap dalam posisinya. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri.

  1. Posisi Duduk yang Salah
    Duduk dalam posisi tidak nyaman yang dilakukan dalam jangka waktu lama bisa juga membuat tulang ekor terasa nyeri. Duduk di tempat kerja atau saat mengemudi akan memberikan tekanan berlebihan pada tulang ekor.

Jika hal ini dilakukan terus-menerus maka rasa sakit dan ketidaknyamanan yang muncul akan semakin berat.

  1. Terlalu Gemuk atau Terlalu Kurus
    Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tulang ekor ketika duduk. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit pada tulang ekor atau memperparah kondisi tersebut.

Bukan hanya pada orang terlalu gemuk, mereka yang terlalu kurus juga berpotensi terkena coccydynia. Pada kondisi terlalu kurus, tubuh tidak memiliki cukup lemak pada bokong untuk mencegah tulang bergesekan dengan jaringan di sekitarnya.

  1. Penuaan
    Bertambahnya usia dapat menyebabkan tulang rawan yang menjadi bantalan di antara tulang belakang mengalami kerusakan. Tulang rawan ini berfungsi untuk membantu menahan tulang ekor. Kondisi ini akan membuat tekanan berlebih pada tulang ekor, sehingga menimbulkan rasa sakit. Hindari penuaan terlalu dini pada tubuhmu ya.

  2. Infeksi
    Meski jarang terjadi, infeksi dapat terjadi pada dasar tulang belakang atau jaringan lunak di area tersebut. Hal ini bisa menyebabkan tulang ekor sakit. Bentuk paling umum infeksi ini adalah abses pilonidal yaitu berkumpulnya nanah yang menyebabkan rasa sakit di celah bokong.

  3. Kanker
    Penyebab sakit pada tulang ekor yang kurang umum lainnya adalah kanker. Rasa sakit di aera ini bisa menjadi salah satu gejala kanker tulang atau kanker yang menyebar hingga ke tulang.