Apa saja penyebab terjadinya pasar monopoli?

Pasar monopoli

Pasar monopoli adalah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang dapat menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni). Apa saja penyebab terjadinya pasar monopoli?

Sebab-sebab terjadinya pasar monopoli antara lain:

  • penguasaan bahan mentah,

  • penguasaan teknik produksi tertentu,

  • pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten),

  • adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk),

  • adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,

  • memiliki modal yang besar (karena penggabungan perusahaan),

  • memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang lain,

  • adanya keterbatasan pasar.

Referensi

Ismawanto. 2009. Ekonomi 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Terjadinya pasar monopoli di sebabkan oleh 3 (tiga) faktor berikut ini :

  1. Produsen pada pasar monopoli mempunyai sumber daya yang unik dan tidak dimiliki produsen lain.

  2. Produsen pada pasar monopoli dapat menikmati economies of scale.

  3. Produsen pada pasar monopoli diberi hak monopoli oleh pemerintah melalui Undang-undang.

Secara global, ada dua jenis hambatan bagi perusahaan luar untuk dapat memasuki pasar sehingga menyebabkan monopoli, yaitu hambatan teknis dan hambatan hukum. Ari Sudarman menyebutkannya secara rinci sebagai berikut:

  1. Produsen memiliki salah satu (beberapa) sumber daya yang penting dan kemudian ia merahasiakannya. Atau produsen memiliki pengetahuan yang lain dari pada orang lain (exclusive knowledge) tentang teknik produksi.

  2. Produsen mempunyai hak paten untuk output yang ia hasilkan atau proses produksi yang ia selenggarakan.

  3. Pemberian ijin khusus oleh pemerintah kepada produsen tertentu untuk mengelola suatu usaha tertentu pula. Dalam hal ini pemerintah bisa menetapkan suatu perusahaan sebagai produsen dan penyalur tunggal barang atau jasa, tetapi tunduk pada pengendalian pemerintah dalam aspek-aspek tertentu dalam operasinya.40Atau penetapan pemerintah (tarif) yang maksudnya untuk menghalang-halangi masuknya barang-barang sejenis dari luar negeri.

  4. Ukuran pasar begitu kecil untuk dilayani lebih dari satu perusahaan yang mengoperasikan skala perusahaan optimum. Dalam kenyataan kadang-kadang didapatkan suatu pasar yang hanya mungkin untuk dilayani oleh satu perusahaan saja yang mengoperasikan skala produksioptimum, contohnya dalam bidang transportasi, listrik dan komunikasi.

  5. Produsen menerapkan kebijakan limitasi harga ( limit pricing policy ). Kebijakan limitasi harga (penetapan harga sampai pada satu tingkat yang serendah mungkin) dimaksudkan agar supaya perusahaan-perusahaan baru tidak ikut memasuki pasar. Kebijakan limitasi harga ini biasanya dibarengi juga dengan kebijakan promosi penjualan (seperti iklan dan advertensi) secara besar- besaran dan juga kebijakan diferensiasi output ( product differentiation ).

  6. Monopoli alamiah karena misalnya untuk berproduksi yang menguntungkan diperlukan skala yang besar ( economics of scale ) maka perusahaan kecil tidak dapat memasuki pasar.