Apa saja penyebab terjadinya pasar monopoli?

Pasar monopoli

Pasar monopoli adalah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang dapat menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni). Apa saja penyebab terjadinya pasar monopoli?

Sebab-sebab terjadinya pasar monopoli antara lain:

  • penguasaan bahan mentah,

  • penguasaan teknik produksi tertentu,

  • pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten),

  • adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk),

  • adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,

  • memiliki modal yang besar (karena penggabungan perusahaan),

  • memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang lain,

  • adanya keterbatasan pasar.

Referensi

Ismawanto. 2009. Ekonomi 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Terjadinya pasar monopoli di sebabkan oleh 3 (tiga) faktor berikut ini :

  1. Produsen pada pasar monopoli mempunyai sumber daya yang unik dan tidak dimiliki produsen lain.

  2. Produsen pada pasar monopoli dapat menikmati economies of scale.

  3. Produsen pada pasar monopoli diberi hak monopoli oleh pemerintah melalui Undang-undang.

Secara global, ada dua jenis hambatan bagi perusahaan luar untuk dapat memasuki pasar sehingga menyebabkan monopoli, yaitu hambatan teknis dan hambatan hukum. Ari Sudarman menyebutkannya secara rinci sebagai berikut:

  1. Produsen memiliki salah satu (beberapa) sumber daya yang penting dan kemudian ia merahasiakannya. Atau produsen memiliki pengetahuan yang lain dari pada orang lain (exclusive knowledge) tentang teknik produksi.

  2. Produsen mempunyai hak paten untuk output yang ia hasilkan atau proses produksi yang ia selenggarakan.

  3. Pemberian ijin khusus oleh pemerintah kepada produsen tertentu untuk mengelola suatu usaha tertentu pula. Dalam hal ini pemerintah bisa menetapkan suatu perusahaan sebagai produsen dan penyalur tunggal barang atau jasa, tetapi tunduk pada pengendalian pemerintah dalam aspek-aspek tertentu dalam operasinya.40Atau penetapan pemerintah (tarif) yang maksudnya untuk menghalang-halangi masuknya barang-barang sejenis dari luar negeri.

  4. Ukuran pasar begitu kecil untuk dilayani lebih dari satu perusahaan yang mengoperasikan skala perusahaan optimum. Dalam kenyataan kadang-kadang didapatkan suatu pasar yang hanya mungkin untuk dilayani oleh satu perusahaan saja yang mengoperasikan skala produksioptimum, contohnya dalam bidang transportasi, listrik dan komunikasi.

  5. Produsen menerapkan kebijakan limitasi harga ( limit pricing policy ). Kebijakan limitasi harga (penetapan harga sampai pada satu tingkat yang serendah mungkin) dimaksudkan agar supaya perusahaan-perusahaan baru tidak ikut memasuki pasar. Kebijakan limitasi harga ini biasanya dibarengi juga dengan kebijakan promosi penjualan (seperti iklan dan advertensi) secara besar- besaran dan juga kebijakan diferensiasi output ( product differentiation ).

  6. Monopoli alamiah karena misalnya untuk berproduksi yang menguntungkan diperlukan skala yang besar ( economics of scale ) maka perusahaan kecil tidak dapat memasuki pasar.

1. Sumber Daya Yang Khas/Unik/Istimewa

Sumber daya merupakan bagian penting untuk dapat mendukung terjadinya pasar atau perusahaan monopoli. Perusahaan yang memiliki sumber daya yang khas dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain dapat memproduksi barang atau jasa yang satu-satunya tersedia dipasar.

Perusahaan ini secara langsung menguasai seluruh atau sebagian besar dari bahan mentah yang tersedia sehingga menjadi perusahaan yang monopoli. Beberapa contoh perusahaan yang monopoli dimiliki oleh pemerintahan. Perusahaan air minum di dalam kota besar merupakan contoh perusahaan monopoli. Perusahaan minyak, perusahaan gas juga merupakan contoh lain yang menunjukkan pasar monopoli.

2. Dapat Menikmati Skala Ekonomis

Pasar monopoli dapat terjadi ketika biaya investasi dan biaya produksi adalah sangat tinggi, sehingga jumlah produksi harus besar. Pada tingkat produksi yang sangat tinggi, harga dapat ditekan, sehingga menyebabkan perusahaan baru akan menjadi sulit untuk memproduksi barang sama dan masuk pasar.

Beberapa contoh perusahaan yang dapat menikmati skala ekonomis dalam skala produksi tinggi dan menjadi monopoli adalah perusahaan listrik, perusahaan jasa angkutan, perusahaan jasa telekomunikasi.

3. Peraturan Atau Undang-Undang Pemerintah

Beberapa peraturan atau perundang-undangan secara langsung menyebabkan terjadinya pasar monopoli untuk jenis barang atau jasa tertentu. Peraturan hak paten dan hak cipta merupakan contoh peraturan yang menyebabkan terjadinya perusahaan menjadi monopoli atas produknya.

Produk-produk teknologi baru yang dilindungi dengan hak cipta dan paten akan menyebabkan produk-produk tersebut dihasilkan oleh sebuah perusahaan saja. Dan ini menyebabkan produk dan perusahaan menjadi monopoli di pasar.

4. Hak Eksklusi Lisensi

Beberapa Perusahaan dapat menjadi monopoli ketika mendapatkan hak usaha eksklusif dari pemerintahan atau perushaan lain seperti lisensi. Hak ekslusif diberikan pada perusahaan yang secara ekonomis baru tercapai pada skala produksi yang sangat tinggi. Skala produksi tinggi akan menyebabkan investasi dan biaya produksi menjadi sangat tinggi. Untuk menjamin usahanya menjadi ekonomis, maka perusahaan tersebut mendapat hak eksklusif dari pemerintah.

5. Hak Cipta /Paten adalah pemberian izin pada suatu perushaan untuk menghasilkan produk tertentu sehingga terjadi hambatan legal dalam mencegah masuknya perusahaan lain ke pasar. Pemberian hak paten merupakan hak eksklusif atas produk atau proses yang telah dipetenkan kepada penemunya.