Apa saja penyebab stress pada ikan louhan dan bagaimana cara merawatnya ?

Keistimewaan ikan louhan terletak pada dahinya yang membesar yang sering disebut sebagai jenong. Ikan ini juga mempunyai corak khas di tubuhnya yang kadang-kadang membentuk suatu huruf. Selain itu, ikan louhan terkadang dapat mengalami stres yang dapat mempengaruhi kesehatan dari ikan louhan tersebut.

Apa saja penyebab stress pada ikan louhan dan bagaimana cara merawatnya ?

Untuk bisa mengetahui stress atau tidaknya ikan louhan ini, dapat memastikan pada warna ikan louhan. Jika timbul warna belang hitam, serta jenong ikan louhan semakin kempes, maka bisa dipastikan ikan sobat terinfeksi penyakit stress. Masalah lain juga dapat karena sorot lampu yang terlalu mencolok, warna baju bisa juga memicunya, apalagi jika persediaan PH air yang kurang akurat dengan yang aslinya, bisa dipastikan akan meneyebabkan ikan louhan stress. Hal ini biasanya kurangnya penyediaan wadah aquarium yang kurang komplet. Karena biasanya perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, jika cocok pasti akan betah. Akan tetapi jika urang cocok dan memadai pastinya akan pindah lagi. Makanan ikan louhan kurang cocok dengan selera aslinya, juga dapat menimbulkan nafsu makannya berkurang.

Usahakan menempatkan aquarium pada ketinggian kurang lebih sekitar 80 cm di atas permukaan lantai, untuk menghindari ikan louhan stress. Suhu air usahakan sudah diatur kisaran antara 28 - 31 derajat celcius. Ph air juga harus normal yakni kisaran antara 6,5 - 7,5. Jangan sampai mencampurkan ikan louhan dalam satu aquarium satu jenis ikan louhan, dengan kata lain satu akuarium untuk satu ikan louhan. Bersihkan kotoran yang ada di dasar akuarium dengan cara disipon, Untuk mengantisipasi terjadinya stress, jangan beri makan dulu ikan louhan selama dua hari, usahakan untuk memberikan pakan hidup (pakan alami ikan louhan) dihari terakhir, jika tidak dimakan kurang lebih dalam 10 menit, maka sobat bisa mengambil pakan dan berikan esoknya lagi. Jangan dilihat - lihat selama masa puasa, selain ketika memberi pakan. Pada samping kanan dan kiri pada kaca aquarium, bisa sobat kasih penutup berupa kertas atau kain. Hindarkan dahulu dari sorot lampusobat. Memancingnya dengan memberikan ikan louhan yang berukuran kecil-kecil (sekat kaca bening). Jika dirasa ikan louhan masih saja penakut dan suka memojokkan diri atau ngumpet, serta masih mogok makan dalam waktu beberapa hari, maka kasih obat atau vitamin yang bisa menambah nafsu makan ikan.

Ciri-ciri ikan louhan yang stress antara lain :

  • Memudarnya warna pada ikan louhan dan bersembunyinya ikan louhan di balik pompa air bisa jadi dikarenakan ikan louhan merasa takut dengan kita, atau orang orang yang berlalu lalang di depan akuarium.

  • Tidak mau makan, bisa saja dikarenakan makanan yang diberikan tidak seperti yang diberikan sebelumnya.

  • Dikarenakan ph air dan suhu yang tidak sesuai

Oleh karena itu untuk mengatasinya antara lain dengan cara sebagai berikut :

  • Langkah pertama merawat ikan lohan stres ini tempatkan akuarium diketinggian 80 cm di atas permukaan lantai.

  • Langkah kedua suhu air harus 28 - 31 derajat celcius

  • Langkah ketiga Ph air juga harus normal yakni 6,5 - 7,5

  • Langkah keempat jangan campur ikan louhan dengan kata lain satu akuarium untuk satu ikan louhan.

  • Langkah kelima bersihkan kotoran yang ada di dasar akuarium dengan cara disipon.

  • Langkah keenam puasakan dahulu ikan louhan selama dua hari, dan berikan pakan hidup dihari terakhir, jika tidak dimakan kurang lebih dalam 10 menit, maka ambil pakan dan berikan esoknya lagi.

  • Selama masa puasa, jangan dilihat - lihat dahulu selain pas memberi pakan.

  • Langkah ketujuh pada kaca akuarium yang sebelah samping kanan dan kiri tutuplah dengan kertas.

  • Langkah kedelapan hindarkan dahulu dari sorot lampu

  • Langkah kesembilan berikan ikan louhan yang lebih kecil ( sekat kaca bening ) agar terpancing.

  • Langkah kesepuluh dan langkah terakhir jika louhan masih saja penakut dan ngumpet serta masih mogok makan dalam seminggu, maka kasih obat atau vitamin yang bisa menambah nafsu makan ikan.