Apa saja penyebab radang mata pada burung kicauan?

Radang mata merupakan salah satu gangguan kesehatan yang membuat penampilan burung menjadi kurang sedap dipandang mata. Bagian matanya membengkak, yang membuatnya sulit bergerak, tidak bergairah, bahkan pasif saat didekati manusia.

Penyakit ini terkadang dibarengi dengan keluarnya air dari sudut mata, di mana air ini bersifat agak lengket sehingga membuat mata burung sulit terbuka. Dengan kondisi fisik yang demikian, burung tak bisa lagi diharapkan kicauannya.

image

Mencari faktor pemicu
Pertama, amatilah kondisi lingkungan di sekitar sangkar / kandang, siapa tahu ada faktor pemicu yang membuat burung mengalami peradagangan pada bagian matanya. Faktor lingkungan yang merupakan biang radang mata cukup banyak, antara lain:

  • Asap dapur atau pembakaran sampah yang berembus menembus ke dalam sangkar / kandang, dan mengenai mata burung.
    Pemilik atau perawat sering merokok di dekat sangkar / kandang, sehingga asapnya masuk ke dalam sangkar / kandang.
  • Kebersihan di dekat sangkar / kandang kurang terjaga, sehingga debu, pasir, serbuk, dan benda halus sejenisnya mudah diterbangkan air hingga masuk ke sangkar / kandang.
  • Di sekitar sangkar / kandang terdapat benda-benda yang memiliki efek pantul dan kebetulan sering menerpa mata burung. Coba cek apakah ada pantulan cahaya dari kaca atau seng di sekitar sangkar / kandang.

Kedua, kita amati apakah ada gangguan kesehatan lain yang kemungkinan menjadi pemicu radang mata. Salah satu penyakit yang berdampak langsung terhadap radang mata adalah snot. Jika itu yang terjadi, Anda harus melakukan dua tindakan sekaligus: mengobati snotnya, juga mengobati radang mata.